Macam Demokrasi

Pada umumnya demokrasi diartikan sebagai pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi berasal dari kata Yunani, yaitu demos yang berarti rakyat dan kratein yang berarti memerintah Demokrasi adalah suatu pola pemerintahan yang kekuasaan memerintah berasal dari rakyat, dari mereka yang diperintah. Semua anggota masyarakat diikutsertakan dalam kehidupan kenegaraan, yang kini kita kenal melalui pemilihan umum untuk mengisi anggota lembaga-lembaga permusyawaratan dan perwakilan serta memilih pimpinan negara. Pemerintah adalah hasil dari aspirasi dan kemauan rakyat yang memilih dan mengontrolnya; inilah kedaulatan rakyat.

Setiap negara mempunyai ciri khas dalam pengertian pelaksanaan kedaulatan rakyat atau demokrasi. Hal ini ditentukan oleh sejarah negara yang bersangkutan, kebudayaan, pandangan hidup, serta tujuan yang ingin dicapainya.
Macam Demokrasi
Ada berbagai bentuk demokrasi dalam pengertian sistem pemerintahan negara, antara lain :
  • Demokrasi parlementer
    Dalam demokrasi parlementer, dewan perwakilan rakyat terus menerus melakukan kekuasaan legislatifnya serta mengawasi kebijaksanaan pemerintah serta jalannya pemerintahan; pemerintah setiap saat dapat dijatuhkan oleh dewan perwakilan rakyat dengan mosi tidak percaya (contoh di inggris ).
  • Demokrasi dengan sistem presidensial.
    Kekuasaan eksekutif dan kekuasaan legislatif serta kekuasaan yudikatif dipisahkan oleh Kepala Negara/ Presiden langsung dipilih oleh rakyat (contoh di Amerika Serikat).
  • Demokrasi rakyat.
    Demokrasi ini terdapat dalam negara-negara komunis yang totaliter. Di sini lembaga-lembaga demokrasi pada umumnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena kekuasaan ada di tangan sekelompok kecil pimpinan partai komunis. Mereka ini yang memegang dan mempergunakan kekuasaan menurut ideologi totaliter komunis. Dalam demokrasi rakyat, pada dasarnya rakyat tidak memperoleh hak yang lazimnya di dapat dalam sistem demokrasi lainnya.
  • Demokrasi Pancasila
    Inti dari demokrasi pancasila adalah musyawarah untuk mufakat. Hal ini ditegaskan dalam Tap. MPR No. I/MPR/1983. Demokrasi pancasila adalah demokrasi yang dipraktekkan di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945, dimana sistem pemerintahan negara menurut tujuh kunci pokok, serta pelaksanaannya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang ada, mulai dari ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat, undang-undang peraturan pemerintah, dan sebagainya, yang memuat kaidah yang disemangati asas kekeluargaan yang dianut oleh bangsa Indonesia. Salah satu asas pembangunan nasional yang dimuat didalam GBHN 1993 adalah asas Demokrasi Pancasila, bahwa upaya mencapai tujuan pembangunan nasional yang meliputi seuluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dilakukan dengan semangat kekeluargaan yang bercirikan kebersamaan gotong royong, persatuan dan kesatuan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.

No comments for "Macam Demokrasi"