Macam - Macam Aliran/Gaya Musik

Musik merupakan cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. Adapun media seni musik adalah instrumen dan vokal. Keanekaragaman alat musik merupakan warna indah yang menggugah penikmatnya.
Musik sebagai salah satu bentuk hiburan merupakan sesuatu yang dinamis dan selalu berubah-ubah sesuai perkembangan zaman. Oleh karena itulah sekarang ini muncul jenis-jenis musik kontemporer yang inovatif dan disukai publik.

Macam - Macam Aliran/Gaya Musik
A. Musik Pop
Musik Pop memiliki berbagai gaya, seperti jazz, country, dan blues. Tiap peradapan melahirkan gaya musik pop tersendiri. Ciri dari lagu pop adalah mudah diterima oleh masyarakat sertw bersifat sederhana dan terkenal. Beberapa contoh lagu pop di antarannya adalah Umbrella (Rihanna), Mimpi Yang Sempurna (Peterpan), Faded (Alan Walker), dan sebagainya.

B. Musik Jazz
Ciri terpenting dari musik jazz adalah improvisasi, yaitu sebagian atau seluruh musik sambil memainkannya. Tokoh dalam musik jazz antara lainn Kenny G, Balawan, Age Garcia, Dewa Bujana, Alex Sipiagin, Adam Makowicz, dan Tohpati.

 C. Musik Rock
Musik rock mempunyai ciri ritme yang menggebu-gebu. Musik rock and roll berkembang dari jenis Rhytm dan Blues tradisional yang dikembangkan oleh para pemusik kulit hitam di Amerika Serikat. Elvis Presley adalah penyanyi beraliran Rock and Roll yang terkenal diseluruh dunia dengan karya-karyanya. Adapun grup-grup Rock yang terkenal diantaranya adalah Metallica, Rolling Stones, Scorpion, dan sebagainnya.

D. Musik Blues
Musik blues diciptakan oleh kaum budak di wilayah selatan Amerika Serikat. Ketika itu ribuan orang afrika dibawa ke Amerika Serikat sebagai budak. Setelah perbudakan dihapus, penulis, artis, dan musisi kulit hitam menjadi bagian dari budaya Amerika hingga lahirlah musik blues. Tokoh blues yang terkenal adalah B.B King, John Lee Hocker, Duke Ellington, dan Robert Johson.

E. Musik Rap
Rap dapat diartikan percakapan tunggal atau monolog yang dilakukan secara berirama dengan diiringi musik. Jenis musik ini seolah mampu menjawab kegelisahan masyarakat yang terlibat dalam pekerjaan orang modern. Penyanyi rap Amerika yang terkenal adalah Eminem, Kanye West, dan 50 Cent. Di Indonesia Iwa K adalah salah satu penyanyi yang menganut gaya rap.

F. Musik Country
Musik country berasal dari Texas, Amerika Serikat. Musik ini berkembang di daerah pedesaan dengan menggunakan alat musik seperti banjo, biola, gitar, dan mandolin. Penyanyi Country contohnya adalah Shania Twain, Vince Gill, Julianne Hough, dan sebagainnya.

G. Musik Mars
Mars dengan ketukan mantap dan keras membantu para prajurit untuk memadukan langkah dalam baris-berbaris. Selain dimainkan oleh band militer, banyak sekolah-sekolah, perusahaan, dan tim Olahraga di Indonesia sudah memiliki kelompok musik mars sendiri.

baca juga : Seni Musik Mancanegara

No comments for "Macam - Macam Aliran/Gaya Musik"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email