Cara membuat Surat Lamaran Pekerjaan Gaya Amerika

Surat lamaran kerja adalah suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh seseorang yang akan melamar pekerjaan. Dengan surat lamaran kerja seseorang bisa menuliskan sesuatu hal yang berkaitan dengan syarat-syarat atau kualifikasi yang harus ada ketika melamar pekerjaan. Membuat surat lamaran haruslah berpedoman pada tata cara penulisan bahasa yang benar, untuk itu penulisan surat lamaran diperlukan kehati-hatian dan kejelian dalam penulisan kata. Pada postingan saya yang lalu sudah disinggung mengenai membuat surat lamaran kerja disertai dengan riwayat hidup, namun pada bahasan kali ini membuat surat lamaran pekerjaan juga bisa dibuat dengan menggunakan American style (gaya Amerika) yang bisa dijelaskan rambu-rambunya sebagai berikut:
  1. Alinea pertama langsung menuliskan maksud dan tujuan
  2. Alinea kedua mengemukakan identitas (nama, umur/tanggal lahir, alamat dan telepon, pendidikan terakhir.)
  3. Alinea ketiga adalah tempat yang tepat untuk ekspresi promosi diri. Semua pengetahuan dan keterampilan, baik yang diperopeh lewat pendidikan, pelatihan, atau bahkan bersifat otodidak sangat perlu diungkapkan. Tulis pula pengalaman-pengalaman yang menunjang serta karakteristik pribadi yang menonjol sesuai dengan bidang kerja yang akan dimasuki. Bagian inilah yang biasanya menjadi fokus perhatian utama bagi selektor. Oleh sebab itu bagi pelamar kerja, bagian ini harus dianggap sebagai ajang promosi diri.
  4. Alinea keempat berisi bahan-bahan pertimbangan yang dilampirkan
  5. Alinea kelima berisi pernyataan harapan. Dalam hal ini sebaiknya dihindari pernyataan harapan yang tidak prosedural, misal: ".....besar harapan saya untuk diteriman bekerja...." "........semoga Bapak/Ibu berkenan menerima saya sebagai......"
Untuk diterima menjadi karyawan pelamar harus melalui serangkaian tahapan kegiatan seperti tes, wawancara, dsb. Maka, harapan tersebut lebih tepat diungkapkan demikian:
"......besar harapan saya untuk diikutsertakan dalam tes-tes rekrutmen yang ada bersama kandidat-kandidat yang lain...."
Cara membuat Surat Lamaran Pekerjaan Gaya Amerika

Tidak baik juga terlalu merendah atau sebaliknya sombong, atau memaksa, misal:
-Demikian surat lamaran saya yang tentu saja banyak kekurangan.....(merendah)
-Saya yakin bahwa hanya sayalah calon terbaik untuk menepati posisi.....(sombong)
-Saya yakin bahwa Bapak/Ibu akan menyesal kalau tidak menerima saya....(memaksa)

Contoh surat lamaran gaya Amerika:

Hal: Lamaran Pekerjaan                                                   Jakarta, 7 Juni 2006

Yth. Direktur Personalia
PO BOX 1331
Jakarta 10012

       Saya mengetahui lewat iklan yang dimuat dalam harian Merdeka Suara tanggal 5 Juni 2006 yang menyatakan bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini membutuhkan sekretaris. Saya sangat tertarik, oleh karena itu dengan saya mengajukan lamaran untuk posisi yang Bapak/Ibu tawarkan tersebut.

       Adapun keterangan mengenai diri saya adalah sebagai berikut:
Nama                            : Febri Setiyaningsih
Tempat, tanggal lahir : Jakarta, 18 September 1975
Alamat                         : Jalan Sudirman No. 23 Jakarta
Pendidikan                  : Tahun 1990 tamat SMP Negeri 6 Jakarta; tahun 1993 tamat SMA Negeri
                                 21 Jakarta; tahun 1996 tamat D1 Sekretaris Extention UI

       Saya adalah lulusan D3 Sekretaris Extention UI tahun 2006. Saya mampu berbahasa Inggris lisan dan tulisan, selain itu saya dapat mengoperasikan software Word, Excel, dan Access. Saya pernah menjadi karyawan di PT Epson Surabaya di bidang Pencatatan dan Pengarsipan selama 1 tahun, saya pernah bekerja sebagai Tenaga Pembukuan PT Saberto Medan selama 6 bulan, dan 1 tahun yang lalu saya pernah bekerja di Staf akuntansi PT. Ciwangsa Semarang. Saya menyenangi kegiatan menulis dan merencanakan suatu jadwal tertentu dalam suatu acara.

       Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut:
1. Fotokopi ijazah UI
2. Fotokopi KTP
3. Fotokopi sertifikat kursus bahasa inggris
4. Fotokopi sertifikat kursus komputer
5. Surat keterangan kesehatan
6. Pasfoto ukuran 4 x 6 (2 lembar)

       Besar harapan saya untuk untuk diikutsertakan dalam tes-tes rekrutmen yang ada bersama kandidat-kandidat yang lain dan saya bersedia mengikuti seluruh tahap seleksi (test) penerimaan kapan saja.

       Demikian surat lamaran ini saya buatdengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.


Itulah contoh surat lamaran pekerjaan gaya Amerika yang bisa saya sampaikan. Buatlah surat lamaran pekerjaan yang semenarik mungkin namun tetap juga harus diutamakan kejujuran dalam menuliskan surat lamaran karena pada tes-tes berikutnya pasti akan diuji tentang kebenaran yang anda tulis di surat lamaran pekerjaan anda buat sendiri. Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar dibawah, terimakasih.

1 comment for "Cara membuat Surat Lamaran Pekerjaan Gaya Amerika"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung
=> Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
=> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email