Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul

membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul

Setiap orang pasti punya barang berharga, untuk setiap barang berharga yang dimiliki sendiri pastilah disimpan dalam tempat yang aman dan mudah diakses. Di dalam hal simpan menyimpan barang membutuhkan piranti/alat keamanan yang memadai sehingga bisa digunakan sebagai alat penyimpan yang baik dan bisa digunakan sebagai alarm keamanan jika suatu saat barang itu dicuri oleh seseorang (maling).

Ngomong-ngomong soal alarm keamanan merupakan suatu alat untuk memberikan informasi jika ada masalah keamanan. Untuk memasang alarm keamanan juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan harus merogoh isi dompet kita dalam-dalam hhe. Tapi kali ini admin mustangers punya solusinya, apa itu? Simak lanjutannya.

Untuk memasang alarm keamanan sobat tidak perlu kok membeli alat alarm keamanan. Sobat hanya perlu memiliki satu buah Handphone jadul. Apa Hp jadul ? Buat apa ? Nah jangan kira Hp jadul pada zaman sekarang ini adalah suatu yang tidak terlalu berguna secara umum dan kelihatan ketinggalan zaman. Kali ini Hp jadul bisa dimanfaatkan sebagai alarm keamanan atau bahasa kerennya Anti Maling hhe. Untuk membuat Anti Maling sobat hanya memerlukan Hp jadul normal yang ada SIM Card nya (kartu sim) dan ada pulsanya pastinya hhe.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul

Untuk membuat Anti Maling dengan Hp jadul sobat hanya memerlukan alat dan bahan berikut:
  • Solder dan timah solder
  • Kabel
  • Penjepit jemuran
  • Penyekat atau plastik
Sesudah peralatan diatas terkumpul maka sekarang kita mulai cara membuatnya.
1. Pertama lepaskan penutup keypad/penutup tombol dengan mencongkelnya dengan benda runcing seperti gunting atau pisau tipis (hati-hati). 
2. Setelah penutup keypad terlepas maka lubangi keypad pada bagian tombol seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul
3. Setelah itu lubangi lagi tepat di bawah lubang penutup keypad yang sudah dilubangi pada (tahap 2). Lubangi tepat pada bagian yang ditunjukkan pada gambar.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul
4. Maka akan terlihat 2 titik pada lubang tersebut, salah satunya ada di bagian samping. Selanjutnya siapkan solder dan timahnya untuk merekatkan 2 kabel pada 2 titik tersebut.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul
5. Setelah ke 2 kabel menempel pada titik tersebut, tutup kembali dengan penutup tombol/keypad.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul

6. Siapkan penjepit jemuran, kemudian pasang ujung tembaga lainnya dari kedua kabel tersebut pada ujung penjepit jemuran.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul
7. Selanjutnya masukkan penyekat atau plastik yang sudah disambung dengan kabel, dan tempatkan diantara kedua ujung kabel yang di pasang di penjepit jemuran. Nah penyekat ini nantinya akan berfungsi sebagai saklar anti maling. Nah saklar ini bisa ditempatkan di mana saja seperti di pintu rumah, jendela, dan sebagainya.
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul

8. Kemudian tempatkan Menu pada Hp di bagian panggilan keluar. Nomor panggilan keluar ini harus diambil dari nomor Hp anda yang lainnya yang masih aktif. Caranya adalah dengan melakukan miss call (panggilan sebentar) pada nomor Hp anda yang satunya.

9. Nah salah satu Hp ini berfungsi sebagai alat pemberitahuan alarm keamanan. Pada Hp tersebut harus ada Nomor kartu sim-nya yang masih aktif, nah Hp yang satu ini bisa sobat bawa ke mana-mana, jika Hp ini nanti ada panggilan dari nomor Hp yang di pasang pada tempat seperti pintu atau jendela berarti alarm keamanan sedang berfungsi (hidup) atau dalam kata lain ada sesuatu yang tidak beres dalam rumah sobat (maling sedang melakukan aksinya hhe).
Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul

10. Untuk mengetesnya sobat bisa pasangkan penjepit jemuran yang sudah di beri penyekat di samping pintu yang akan di buka (usahakan letakkan di tempat yang tidak mudah di lihat seperti di balik gorden jendela).
Ketika pintu di buka maka penyekat (saklar) akan terlepas dan kedua ujung kabel pada penjepit akan terhubung sehingga Hp sobat akan segera melakukan panggilan dengan nomor Hp sobat yang satunya. Nah nomor Hp sobat yang satunya ini bisa di bawa kemana-mana jadi jika ada panggilan dari nomor Hp yang ada di rumah, sobat bisa segera mendeteksi sesuatu yang terjadi di rumah sobat (maling sedang beraksi hhe). Atau bisa juga nomor Hp yang ada di rumah di masukkan ke kontak Hp yang sobat bawa dengan nama Awas Maling hhe.

Bagaimana mudah bukan? Dengan cara ini sobat tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli alat keamanan seperti cctv. Jika suatu saat sobat pergi jauh dari rumah sobat bisa segera menelpon Pak Rt atau Rw untuk mengecek rumah sobat, apabila ada panggilan dari nomor Hp yang sobat pasang di rumah.

Oh iya, Hp jadul sobat yang ada di rumah juga jangan lupa di charge penuh baterainya, supaya bisa aktif lebih lama dan satu lagi ingat posisika Menu pada Hp jadul sobat pada catatan panggilan keluar. Jadi jika nanti saklar dari kabel terhubung maka akan segera menghubungi nomor panggilan keluar sobat yang ada pada Hp sobat satunya. Oke selamat mencoba semoga berhasil. Jangan lupa kalau masih bingung silahkan komen saja di bawah, sekian dan terimakasih.

No comments for "Cara membuat Anti Maling menggunakan Hp jadul"