Anda Bosan di tempat kerja ? Coba lakukan hal ini

Anda bosan di tempat kerja ? Coba lakukan hal ini

Bosan, siapa tak kenal bosan ? Bosan hinggap di siapa saja yang terkena. Bosan merupakan suatu keadaan di mana seseorang malas untuk melakukan suatu kegiatan. Salah satu kegiatan yang bisa membuat seseorang bosan adalah bekerja. Apa ? Bekerja ? Kenapa bekerja membuat seseorang merasa bosan ?

Yah, bekerja merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh manusia dan selain itu tempat bekerja juga merupakan tempat kedua seseorang melakukan rutinitas sehari-hari setelah pergi dari rumah sendiri. Tempat kedua inilah yang kadang membuat seseorang itu merasa bosan.

Entah apa penyebab seseorang merasa bosan ketika di tempat kerja. Mungkin bisa karena atasan yang tidak bersahabat, rekan kerja yang nyebelin, atau tempat kerja yang kurang rapi.
Anda bosan di tempat kerja ? Coba lakukan hal ini

Jika hal yang seperti itu terjadi secara terus menerus bukan tidak mungkin bila seseorang bisa merasa bosan di tempat kerjanya. Lalu apa yang harus dilakukan supaya rasa bosan itu hilang ? Apa harus resign ? Yah tentu resign bukan cara yang bagus untuk menghilangkan rasa bosan. Ada banyak cara untuk menghilangkan rasa bosan di tempat kerja, diantaranya simak berikut ini yah.

1. Miliki waktu untuk diri sendiri

Dikala anda sedang sibuk bekerja, maka anda terlalu sibuk memikirkan waktu untuk pekerjaan disamping itu waktu untuk diri anda sendiri menjadi berkurang. Dikala anda sedang di waktu istirahat kerja dan anda tidak ingin berada pada kerumunan orang, jangan paksakan untuk hadir di situ. Tenangkan diri anda dulu misal dengan mendengarkan musik, radio, dan sebagainya.
Dengan memiliki waktu untuk diri sendiri / me time maka anda bisa lebih rileks dan bisa mengenal diri anda sendiri dengan baik serta terhindar dari stres yang berkepanjangan. Tidak ada salahnya sekali-kali menghabiskan waktu senggang sendirian saja hingga anda merasa segar kembali dan siap berbaur dengan rekan kerja anda.

2. Ajak teman kerja untuk curhat

Rasa tidak nyaman bisa timbul karena kondisi keluarga yang tidak harmonis atau masalah lain yang bisa membuat mood untuk bekerja berkurang. Jika anda memiliki teman yang dirasa bisa dipercaya dan nyaman jika berbicara dengannya. Anda bisa curhat dan mengatakan semua keluh kesah pada teman anda. Dengan begitu keluh kesah dalam hati anda bisa terlampiaskan. Apalagi kalau teman anda memberikan nasihat yang bisa bermanfaat untuk mengatasi keluh kesah anda dengan begitu anda akan bisa lebih tenang.

3. Tidur yang cukup

Rasa bosan bisa timbul karena anda kelelahan dalam bekerja. Untuk itu istirahat yang cukup dengan tidur senyaman mungkin. Ketika anda pulang kerja hindari hal-hal lain seperti main game, nonton tv, atau main di sosmed. Segeralah mandi kemudian ganti baju, makan, dan istirahatlah yang cukup. Agar bisa beristirahat dengan baik, maka tidurlah yang cukup. Jika anda kurang tidur atau malah tidur anda tidak berkualitas. Itu bisa membuat anda merasa kelelahan sepanjang harinya.

4. Cari tahu penyebab rasa bosan dan jenuh

Cari tahu apa yang menyebabkan anda merasa bosan, bisa karena teman kerja yang menjengkelkan, atasan yang tidak bersahabat, atau tempat kerja yang berantakan. Dengan mencari tahu rasa bosan dan jenuh, anda bisa mengatasi dan mencari solusi terbaik untuk mengatasi rasa bosan anda. Misalnya ketika anda bosan dengan tugas-tugas biasa yang anda kerjakan maka ketika anda selesai menyelesaikan tugas, anda bisa jalan-jalan sebentar di sekitar kantor atau meminta tugas baru yang lebih menantang dari tugas sebelumnya. Dengan begitu anda akan merasa tertantang dan dapat menambah ilmu sekaligus mendapatkan hal-hal baru di tempat kerja.

5. Istirahat di akhir pekan

Hari senin hingga jum'at anda bekerja. Pada waktu akhir pekan tiba manfaatkanlah untuk istirahat. Ketika akhir pekan anda di rumah hindari membawa pekerjaan ke rumah, manfaatkanlah waktu akhir pekan anda untuk beristirahat dengan baik supaya tubuh jadi rileks dan pikiran menjadi tenang.

6. Atur ulang jadwal rutinitas sehari-hari

Bekerja sudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Oleh sebab itu, untuk menghindari rasa jenuh anda bisa mengatur ulang / reschedule jadwal sehari-hari. Dengan reschedule anda juga bisa menambahkan sesuatu yang menarik seperti membaca komik, novel, kumpul bareng teman, atau melakukan hobi yang anda sukai. Dengan begitu hidup anda akan berwarna dan merasa lebih nyaman karena akan ada hal-hal baru yang akan dilakukan setiap hari.

7. Manfaatkan jatah cuti untuk liburan

Bekerja secara terus menerus membuat mood anda tidak bagus. Perlu di ingat, mood yang tidak bagus akan berdampak langsung pada kualitas kerja. Untuk itu daripada kena tegur atasan lebih baik pergunakan jatah cuti untuk liburan. Percaya atau tidak percaya liburan bisa mengembalikan mood anda yang hilang. Liburan juga tidak perlu yang mahal-mahal dan jauh-jauh. Yang terpenting bisa membuat anda lebih rileks dan tenang, dengan begitu mood anda akan cepat kembali dan ketika sudah mulai bekerja hasilnya pun akan maksimal.

8. Ciptakan rasa nyaman di tempat kerja

Rasa tidak nyaman membuat anda tertekan dan bisa mempengaruhi hasil kerja. Tapi rasa tidak nyaman juga tidak bagus bila dibiarkan berkepanjangan. Untuk mengatasi rasa bosan yang berkepanjangan anda bisa menciptakan rasa nyaman di tempat anda bekerja. Misalnya dengan melakukan aktivitas baru yang menantang dan anggaplah pekerjaan itu sebuah petualangan mencari harta karun dengan begitu anda bisa membuat diri sendiri menjadi lebih senyaman mungkin.

9. Selalu berpikir positif

Rasa jenuh dan bosan bisa membuat pikiran anda lari ke mana-mana. Kebanyakan pikiran yang lari ke mana-mana akan menuju ke hal-hal yang tidak baik. Maka dari itu untuk menghindari hal-hal yang tidak baik mulailah untuk berpikir positif. Dengan berpikir positif maka akan menghindarkan hal-hal yang buruk seperti rasa bosan. Karena pikiran yang baik akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Anda bisa memulai berpikir positif dengan cara melihat suatu hal dari sisi yang lain dengan begitu anda akan melihat hal baiknya. Oke ? Ya harus oke.

Nah itulah beberapa tips-tips supaya anda tidak mudah bosan di tempat kerja. Anda bisa ambil salah satu atau diborong semua juga boleh hhe. Intinya jenuh dan bosan itu bisa di hilangkan tergantung tergantung bagaimana kita menyikapinya. Pikiran yang rileks dan tenang adalah kunci utama menghilangkan rasa jenuh dan bosan itu sendiri. So tetap tersenyum dan lihat sisi baiknya. Oke ? Okelah kalau begitu hhe. Selamat mencoba semoga berhasil ya.

Sumber Referensi: kompas.com

No comments for "Anda Bosan di tempat kerja ? Coba lakukan hal ini"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email