Cara menyimpan atau mencadangkan kontak telepon di server gmail

Cara menyimpan atau mencadangkan kontak telepon di server gmail

Setiap orang memiliki nomor dan nama pada buku telepon. Buku telepon atau kebanyakan orang menyebutnya dengan nama 'kontak' merupakan menu pada smartphone yang digunakan untuk menyimpan nama dan nomor telepon seseorang sekaligus sebagai tempat untuk menyimpan kartu nama seseorang. Untuk menyimpan nama dan nomor telepon bisa ditempatkan di beberapa jenis penyimpanan seperti penyimpanan telepon, penyimpanan kartu sim card, atau bisa juga penyimpanan gmail.

Penyimpanan telepon merupakan penyimpanan kontak yang terbilang memiliki kapasitas cukup besar tergantung dari kapasitas memori telepon untuk menyimpan kontak. Penyimpanan ini memiliki kelebihan yaitu dapat menampung kontak dengan jumlah yang cukup banyak namun juga memiliki kekurangan apabila smartphone yang digunakan jatuh kemudian rusak dan mati atau untuk diperbaiki harus di restart maka kontak yang tersimpanpun akan restart atau hilang. Penyimpanan yang ke-dua yaitu penyimpanan sim card, untuk penyimpanan dengan sim card kira-kira memiliki kapasitas untuk 100 kontak. Penyimpanan kontak pada sim card tidak akan hilang atau terpengaruh apabila smartphone yang digunakan di restart namun kontak akan hilang apabila sim card rusak, patah, atau terlepas dari slot sim card pada smartphone.

Nah khusus untuk penyimpanan gmail bisa disimpan dalam dua media yaitu pada perangkat telepon dan bisa di simpan pada server gmail. Untuk bisa di simpan pada server gmail maka kita membutuhkan sambungan internet untuk mensinkronkan kontak yang disimpan pada akun gmail untuk kemudian di sinkronkan dengan server gmail. Jika sudah di simpan pada server gmail maka kontak yang sudah tersimpan disebut juga dengan nama google kontak. Nah dengan google kontak ini kita bisa mengembalikan kontak yang sudah terhapus dengan catatan kontak yang dulunya terhapus di simpan pada penyimpanan gmail dan sudah di sinkronkan.

Kontak yang disimpan di server gmail tidak memiliki batas jumlah seperti pada penyimpanan pada sim card, di server gmail agan bisa menambahkan kontak sebanyak yang agan butuhkan. Kontak yang sudah di simpan pada server gmail dapat dipulihkan kembali apabila smartphone yang agan gunakan hilang atau rusak, sehingga kontak lama yang tersimpan di smartphone tadi masih dapat dipindahkan ke smartphone pengganti. Dengan catatan agan masih mengingat alamat email (gmail) dan kata sandi gmail agan.

Lalu bagaimana caranya menyinkronkan kontak pada akun gmail kita ? Oke kita simak caranya one by one di bawah ini oke lanjut.
  1. Pertama agan harus memiliki akun gmail
  2. Buat kontak dan simpan pada media penyimpanan gmail
    Cara menyimpan / mencadangkan kontak telepon di server gmail
  3. Pada menu kontak pilih Option (pilihan) >> Akun >> Centang sinkronisasi otomatis
    Cara menyimpan atau mencadangkan kontak telepon di server gmail
  4. Kemudian pada menu sinkronisasi diatas ada pilihan beberapa akun seperti bbm, whatsapp, dan gmail. Pilih akun gmail >> centang pilihan "Kontak" >> klik tiga titik di kanan atas (option) dan pilih Sinkronkan Sekarang
    Cara menyimpan atau mencadangkan kontak telepon di server gmail
  5. Atau bisa juga ke menu Pengaturan (setelan) >> Akun >> Google >> Pilih Akun Gmail >> Centang "Kontak" >> klik pilihan (option) kemudian klik Sinkronkan Sekarang.
  6. Pada saat memilih Sinkronkan Sekarang pastikan sambungan internet agan sudah hidup, oke.
Lha terus bagaimana caranya mengembalikan kontak yang hilang ? Nah untuk mengembalikan kontak yang hilang mudah saja kok tinggal agan login / masuk ke akun gmail melalui perangkat android baru agan kemudian pilih setelan >> akun >> akun google >> pilih akun gmail kemudian centang pilihan 'kontak' >> lalu pilih sinkronkan sekarang dan pastikan sambungan internet agan sudah dihidupkan. Setelah beberapa saat bukalah kontak telepon agan maka taraaa daftar kontak agan sudah kembali lagi seperti semula. Nah gimana mudah bukan ? Jadi agan tidak perlu lagi mencatat nomor dan nama yang begitu banyak pada buku untuk di simpan pada kontak di telepon. Intinya jika agan masih mengingat alamat gmail dan kata sandinya maka data yang sudah di sinkronkan sebelumnya bisa di kembalikan lagi. Selamat mencoba ya guys, semoga berhasil oke. Terimakasih, sekian.

No comments for "Cara menyimpan atau mencadangkan kontak telepon di server gmail"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email