Cara menghilangkan sponsor atau iklan yang menganggu di layar menu Android

Cara menghilangkan iklan di layar menu Android

Siapa tak kenal iklan, iklan merupakan suatu cara memperkenalkan suatu produk kepada khalayak ramai untuk tujuan komersial. Namun bagaimama dengan iklan pada suatu perangkat android ? Yah iklan pada suatu perangkat android merupakan suatu jenis seperti pop-up (sejenis iklan yang muncul secara tiba-tiba ketika data selular terhubung atau ketika adanya koneksi internet). Iklan yang muncul secara tiba-tiba ini bisa saja muncul pada saat agan browsing ataupun ketika tidak digunakan untuk browsing. Jenis iklan seperti ini sangatlah menggangu dalam aktivitas mengoperasikan smartphone. Jika tidak ditangani dengan segera maka bisa memperlambat koneksi internet dan menambah penuh penyimpanan internal.

Yah kalau iklanya mucul hanya sekali sih gak papa tapi kalau berkali kali sampai menuhin layar ini yang bikin ribet. Untuk itu kali ini admin punya cara buat memberantas iklan yang satu ini hhe. Sebelum itu saya juga ingin jelaskan biasanya iklan yang muncul terlalu banyak itu dikarenakan agan terlalu banyak memasang aplikasi online dan aplikasi yang belum punya sertifikasi legal di play store atau app store. Nah biasanya aplikasi seperti ini sudah disusupi iklan oleh pembuatny. Untuk itu biasanya walaupun aplikasi ini tidak dijalankan oleh penggunanya dan ketika data selular terhubung maka aplikasi ini akan memunculkan iklan baik berupa gambar maupun tulisan. Iklan gambar dan tulisan ini bisa dihilangkan dengan mengeklik tanda silang pada iklan, namun bagaimana jika iklannya muncul berkali-kali ? Agan pastinya kesal bukan ? Nah untuk itu kali ini ane punya tips nya gan.

Sebelumnya ketika agan sudah tidak menggunakan aktivitas dengan smartphone, usahakan koneksi internet pada smartphone agan sudah dimatikan. Hal ini bertujuan supaya tidak ada aplikasi online yang berjalan, sehingga aplikasi yang ingin menampilkan iklan atau pop-up tidak bisa mengunduh iklan dari server. Setelah itu ada beberapa tips lainnya yaitu:

1. Setting Personalisasi iklan pada akun google agan.
Setting atau pengaturan personalisasi iklan pada akun google digunakan untuk memfilter setiap iklan yang masuk ke perangkat android agan. Untuk men-setting iklan pada akun google caranya dengan masuk ke Menu Pengaturan / Setting >> Pengaturan Akun >> Akun Google >> pilih Akun Google yang akan di setting >> pilih pengaturan akun dan Personalisasi >> Non-aktifkan personalisasi iklan. Nah dengan menonaktifkan personalisasi iklan maka iklan-iklan yang akan masuk ke Menu pada tampilan layar dapat dicekal atau dihalangi.
Cara menghilangkan sponsor atau iklan yang menganggu di layar menu Android

2. Nonaktifkan pemberitahuan aplikasi.
Menonaktifkan pemberitahuan aplikasi dapat mencegah aplikasi untuk tidak menampilkan pemberitahuan terbaru dari aplikasi tersebut termasuk iklan dan pembaruan aplikasi. Dengan menonaktifkan pemberitahuan aplikasi maka penyimpanan internal pada smartphone akan stabil karena tidak dipenuhi oleh pemberitahuan yang berlebihan. Sehingga kemampuan smartphone untuk mengolah data tidak tersendat-sendat (lemot). Dengan ini perangkat dapat berjalan normal kembali tanpa loading yang lama dan memori perangkat jadi lebih longgar.

3. Pakailah launcher bawaan smartphone.
Launcher merupakan aplikasi android yang menyediakan bermacam effect perubah tampilan. Fungsinya adalah mengubah tampilan android menjadi seperti yang diinginkan penggunanya. Untuk itu jika agan ingin menggunakan launcher tertentu kita dapat mendownloadnya dan menginstalnya pada smartphone. Dengan launcher baru maka tampilan layar menjadi lebih menarik, namun juga perlu diingat launcher yang bukan bawaan (original) dari ponsel dapat membuat penyimpanan internal berkurang terlebih lagi jika ada iklan atau berita yang muncul maupun pemberitahuan pembaruan launcher yang malah akan menambah ruwet / ribet dalam mengoperasikan smartphone. Nah saya sarankan pakailah launcher yang bawaan smartphone saja, yah walaupun tampilannya mungkin agak ngebosenin masih mendingan daripada harus diribetin dengan iklan yang selalu muncul ataupun pembaruan launcher setiap saat.

4. Kurangi aplikasi yang berlebihan.
Menginstal aplikasi yang berlebihan dapat membuat masalah baru seperti pemberitahuan aplikasi yang numpuk dan juga penyimpanan yang menipis. Aplikasi yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu penyebab iklan yang sering muncul. Misalnya seperti menginstal aplikasi belanja online lebih dari satu, hal ini juga bisa menimbulkan iklan-iklan seperti produk terbaru, terlaris, termurah, diskon, dan sebagainya. Nah jadi installah aplikasi belanja online secukupnya saja untuk mengurangu iklan-iklan tertentu.

5. Hapus notifikasi situs web tertentu.
Pada saat agan browsing melalui Chrome, Firefox, ataupun browser lain kemungkinan tanpa disengaja agan memperbolehkan akses dari situs web tertentu untuk menampilkan pemberitahuan pada perangkat agan. Jika hal ini terjadi dan koneksi internet pada perangkat agan terhubung maka situs yang diperbolehkan aksesnya akan menampilkan berupa iklan maupun tulisan link ke perangkat agan. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghapus notifikasi dari situs web tersebut dengan cara masuk ke browser >> setelan >> setelan situs >> notifikasi >> nonaktifkan notifikasi situs. Dengan begitu maka situs web tidak akan bisa menampilkan pemberitahuan lagi.
Cara menghilangkan sponsor atau iklan yang menganggu di layar menu Android

Gimana mudah bukan ? Nah itulah sejumlah tips untuk menghilangkan iklan yang sering muncul pada layar smartphone agan. Cobalah cara diatas satu persatu. Jika masih ada kendala silahkan agan komen aja di bawah. Sekian terimakasih.

No comments for "Cara menghilangkan sponsor atau iklan yang menganggu di layar menu Android"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email