Tunggu dulu sebelum kamu menjual ponselmu, lakukan 8 hal ini pada ponsel lamamu

Tunggu dulu sebelum kamu menjual ponselmu, lakukan 8 hal ini pada ponsel lamamu

Setiap tahun gebrakan besar selalu hadir di pasar ponsel pintar dan lagi-lagi ini waktunya kamu menentukan nasib ponselmu. Jika kamu pikir sudah saatnya membeli ponsel baru? Tahan dulu niatmu, jangan jual ponsel lama mu sebelum lakukan langkah yang tepat berikut ini.

1. Hapus semua perangkat yang tersambung.

Salah satu hal paling memudahkan dari gadget pintar adalah kamu bisa menyambungkannya. Jika kamu mendapatkan pesan, pesan itu juga akan muncul di arloji pintarmu. Kamu bisa berbagi catatan dan kalender diantara ponsel, tablet, dan laptopmu dengan lainnya. Sangat mudah tentu saja. Tapi kamu juga sangat lupa melepas sambungannya, lakukan itu dulu barulah kamu jual ponsel milikmu.

2. Cadangkan data milikmu

Tahan dulu me-reset ulang ponselmu, kamu tentu tidak ingin kehilangan kenangan indah dan segala informasi penting yang kamu simpan sebelumnya pada gadgetmu. Sinkronisasi sederhana mungkin tidak cukup. Cadangkan saja secara manual, ini tidak terlalu sulit. Mulai dengan foto, musik, dan file lainnya jika kamu punya aplikasi jaringan penyimpan data di ponselmu. Aplikasi itu mungkin sudah meng-unggah semua file mu. Jika belum punya silahkan unduh saja di play store. Aplikasinya biasanya gratis dan setelah mendaftar kamu akan mendapat ruang penyimpanan di drive cloud untuk menyimpan datamu. Atau kamu bisa bisa menghubungkan ponsel pintarmu ke PC dan memindahkan semua file yang kamu butuhkan secara manual. Dan ingat jangan lupa untuk menghapusnya dari ponselmu setelah selesai.

3. Backup Informasi akun

Pengguna iPhone kamu punya dua cara untuk melakukannya, pertama lewat iTunes atau iCloud. Baik dengan cara apapun kamu harus tetap menghubungkan ponselmu ke komputer >> pilih perangkat yang ingin di Backup >> buka summary tab/ringkasan >> lalu pilih backup menu atau cadangkan, disini kamu bisa menekan tombol backup now dan cadangkan sekarang dan selesai. Di menu iCloud kamu cuma perlu menu Storage Backup atau simpanan dan cadangkan. Dengan cara manapun jangan hapus informasi kontak di ponselmu secara manual. Itu bisa terhapus dari akunmu juga bila belum dicadangkan.

Pengguna Android bisa menemukan  menu backup di pengaturan ponsel, lalu kamu diminta memilih platform untuk mencadangkan datamu. Dan biasanya datamu akan ditautkan ke akun google secara otomatis tapi tidak ada salahnya untuk mengecek dua kali.

4. Hapus aplikasi secara manual

Mengatur ulang ponsel dapat menyisakan informasi yang berbentuk cache dari aplikasi, dan cache ini bisa termasuk informasi pribadimu atau bahkan kata sandi yang tersimpan. Menghapus aplikasi secara manual akan jauh lebih baik tapi masih ada cara lain jika kamu khawatir soal keamanan. Kita akan bahas tips nya nanti.

5. Matikan semua alat anti maling

Aplikasi dan semua OS milikmu bisa membantu menghapus semua data dari jauh tapi kamu tak akan membutuhkannya jika kamu mengikuti langkah ini dan jika pembeli menggunakan gadgetmu saat fungsi ini masih aktif mereka akan kerepotan. Jadi temukan anti maling di pengaturan dan matikan. Jika kamu punya aplikasi anti maling tambahan maka hapuslah.

6. Enkripsi data di ponselmu

Semua aplikasi sudah hilang, semua file sudah dicadangkan dan dihapus tapi bisa saja masih ada beberapa informasi  yang tersisa dan lebih baik kamu mengenkripsinya. Enkripsi memungkinkanmu mencampurkan data sehingga tidak dapat di akses. Umumnya data di OS ponsel pintar sudah dienkripsi tapi data ini perlu perlindungan lanjutan dengan kode sandi. Pengguna iPhone bisa mengubahnya di pengaturan touch id dan kode sandi lalu cukup aktifkan kode sandinya. Lihat bagian bawah menu kamu juga akan menemukan opsi untuk membuat kode sandimu lebih rumit agar tidak mudah di bobol. Opsi tambahn ini memungkinkanmu membatasi upaya otorisasi, pengguna Android bisa menemukan opsi pada enkripsi data dan mengatur kode sandi  pada menu Pengaturan keamanan.

7. Siapkan ponselmu untuk reset pabrik

Ingat lakukan ini setelah kamu mengenkripsi data karena kamu tidak bisa mengembalikannya. Akun google melindungimu dari reset pabrik secara otomatis jadi kamu harus menghapus akunya sebelum lakukan langkah ini. Buka pengaturan lalu akun dan sinkronisasi ketuk ikon google dan pilih hapus beress. Untuk iPhone buka aplikasi pengaturan pilih baris pesan dan matikan iMessage, kembali ke aplikasi pengaturan dan matikan face time selanjutnya keluar dari iCloud dan Apple ID.
Tunggu dulu sebelum kamu menjual ponselmu, lakukan 8 hal ini pada ponsel lamamu

8. Setel ulang ponselmu

Akhirnya ini saat berpisah dengan teman lamamu. Pengguna android bisa menemukan ini di menu cadangan reset di pengaturan. Untuk iOS letaknya ada di tab Umum di bawah pengaturan. Setel ulang ke pengaturan pabrik membutuhkan waktu dan energi. Sehingga baterai cepat habis. Jangan lupa mengisi penuh baterai ponselmu sebelum melakukannya tapi sepertinya kamu belum siap sepenuhnya untuk berpisah selamanya dengan ponselmu ?

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebelum kamu jual ponsel lamamu. Jangan lupa komen di bawah ya, thank you.
Bagikan Share

0 Response to "Tunggu dulu sebelum kamu menjual ponselmu, lakukan 8 hal ini pada ponsel lamamu"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung
=> Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
=> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish