Cara membuat tampilan Layar Android menjadi lebih gesit

Cara membuat tampilan Layar Android menjadi lebih gesit

Tampilan layar merupakan suatu jenis output dari proses sistem yang sedang berjalan. Lama tidaknya suatu menu ditampilkan pada layar bergantung pada RAM yang tersisa ataupun penyimpanan internal yang ada.

Mengapa proses menampilkan menu pada tampilan layar bisa lama terjadi ? Kemungkinan bisa saja tergantung pada banyaknya program yang sedang berjalan atau ketersediaan RAM pada penyimpanan yang semakin menipis karena terlalu banyak program aplikasi yang berjalan. Untuk itulah cepat tidaknya menu bisa ditampilkan bergantung pada ketersediaan penyimpanan.

Lalu bagaimana membuat tampilan suatu menu supaya terlihat lebih gesit ? Yah membuat tampilan layar menjadi lebih gesit bisa juga dilakukan dengan mengatur lamanya tampilan animasi muncul. Apa itu tampilan animasi ? Tampilan animasi merupakan suatu tampilan yang digunakan ketika akan membuka sebuah menu, efek transisi saat pergeseran menu maupun animasi saat aplikasi sedang melakukan Loading.

Untuk melakukan perubahan durasi efek animasi mari kita langsung saja ke caranya.

Pertama kita harus mengaktifkan mode pengembang dulu pada pengaturan ponsel androidmu. Caranya lewat ini Cara mengaktifkan Mode Pengembang pada Android. Setelah itu scroll menu ke bawah pada mode pengembang tersebut dan pilih menu gambar maka akan terlihat "Skala Animasi". Nah pada skala animasi ini kita akan mengatur lama tidaknya suatu efek animasi akan ditampilkan pada perangkat android. Semakin besar skala animasi yang kita pilih maka akan berakibat pada efek tampilan yang terlihat halus namun lama. Untuk itu supaya efek tampilan menjadi lebih gesit kita matikan efek animasi ini dengan memilih "Animasi Tidak Aktif" dengan begitu maka efek animasi yang tadinya membuat tampilan jadi halus akan hilang dalam sekejap.

Pada menu skala animasi ini terdapat tiga pilihan yang masing-masing diantaranya sebagai berikut.

  1. Skala Animasi Jendela, merupakan suatu efek yang akan timbul apabila terdapat suatu jendela baru yang terbuka. Seperti misal ada notifikasi yang akan muncul di panel pemberitahuan maka notifikasi tersebut akan muncul secara perlahan-lahan. Ketika akan mengetik menggunakan keyboard pada perangkatmu maka keyboard tersebut akan muncul secara perlahan ataupun saat kamu menutup dan membuka suatu jendela atau menu yang sifatnya muncul secara tiba-tiba. Tampilan perlahan ini akan berhasil apabila kamu mengubah skala animasinya dari yang kecil ke nilai yang tinggi, semisal 10 kali. Untuk merubahnya supaya lebih gesit kamu dapat mengubah skala animasi jendela ini menjadi tidak aktif.
  2. Skala Animasi Transisi, merupakan skala animasi yang mempunyai efek ketika kamu membuka atau menutup suatu program aplikasi atau menu tertentu. Seperti misal kamu membuka aplikasi email pada perangkatmu maka aplikasi email tersebut akan terbuka secara perlahan ataupun cepat. Apabila kamu menyetel skala animasi nya pada tingkat 10 x maka aplikasi email tersebut akan terbuka secara perlahan. Namun sebaliknya jika kamu menyetel skala animasinya menjadi tidak aktif maka tampilan tersebut akan terbuka dengan sekejap. Dikarenakan efek animasinya sudah hilang.
  3. Skala Durasi Animator, merupakan skala animasi yang mengatur lama tidaknya suatu animasi bergerak. Efek ini terjadi apabila suatu menu berpindah dari tempat satu ke tempat lain pada layar. Jika kamu menyetel skala ini ke angka yang lebih tinggi maka menu tersebut akan berpindah secara perlahan. Tetapi jika kamu menonaktifkan skala animasi ini maka efek tampilan pada menu akan berpindah secara cepat.

Sekali lagi, efek ini akan berfungsi hanya pada efek tampilan saja. Tidak mempengaruhi kualitas dari program yang dijalankan sehingga aplikasi akan tetap baik-baik saja. Namun fitur ini tidak akan berfungsi secara baik jika semisal RAM perangkatmu menipis atau berkurang karena terlalu banyak program yang berjalan. Mungkin secara otomatis aplikasi yang kamu jalankan akan beroperasi lambat dari biasanya, walaupun kamu menyetel skala animasi pada mode pengembang ini menjadi tidak aktif. Karena efek yang diitimbulkan dari skala animasi ini hanyalah efek kehalusan atau pergerakan tampilan dari halus/lama hingga cepat/gesit.

Nah itulah cara membuat tampilan jadi lebih gesit pada ponsel androidmu. Cara ini bisa kamu coba pada ponsel temanmu jika temanmu buka ponselnya maka tampilannya akan lebih lemot atau lebih wuss tergantung skala berapa yang akan kamu setel, dengan begitu temanmu akan kebingungan mengira ponselnya error hhe. Pesan saya satu, janganlah jadi orang yang iseng karena belum tentu orang yang kamu isengin itu tidak suka. Salam kopi hangat, terimakasih.

No comments for "Cara membuat tampilan Layar Android menjadi lebih gesit"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email