Kamu diikuti orang asing ? Ini dia cara mengantisipasinya

Kamu diikuti orang asing ? Ini dia cara mengantisipasinya

Bayangkan kamu sedang dalam berjalan pulang setelah makan malam bersama teman-teman, hari sudah gelap tapi rumahmu tidak jauh dari restoran. Kemudian kamu merasa seseorang tengah mengawasimu. Kamu melihat sosok gelap dalam gang berjalan ke arahmu, apa yang harus kamu lakukan ? Nah Kamu beruntung kali ini saya buatkan daftarnya untukmu.

1. Tetap tenang

Mungkin ini sulit tapi jangan biarkan orang itu tau kamu ketakutan atau gugup, tetaplah waspada pada orang itu dan lingkungan sekitarmu, namun lakukanlah hal-hal yang dapat membantumu berpikir jernih seperti misalnya memainkan resleting jaket, membungkuk dan berpura-pura mengikat tali sepatu, memandangi jendela toko,  atau apapun yang membuat tenang. Tarik napas pelan-pelan dan buatlah sebuah rencana.

2. Perhatikan sekitar dan sekelilingmu

Jika ada sesuatu yang aneh dengarkan insting dan nalurimu untuk melawan atau lari. Kali ini mungkin lebih kuat dari sebelumnya. Jika kamu sempat melihat orang itu perhatikan detail-detail yang bisa kamu ingat agar kamu bisa mendeskripsikannya pada seseorang atau polisi kemudian, semakin mendetail gambaran yang kamu berikan maka semakin baik, dan tetap waspada.

Kamu diikuti orang asing ? Ini dia cara mengantisipasinya

3. Berpura-pura berjalan ke suatu tempat

Ini merupakan salah suatu bagian, jangan terlihat gugup seperti kamu tau harus pergi ke mana. Meskipun kamu tegang dan beberapa kali salah belok cobalah untuk tidak terlihat sedang tersesat. Mungkin ini cara bagus untuk membuktikan apakah orang tersebut benar-benar mengikutimu atau tidak, dan ini memberimu lebih banyak waktu untuk berpikir. Selain itu jika kamu terlihat berjalan dengan percaya diri, orang itu mungkin berpikir kamu bukan target yang mudah. Mungkin dia mengira kamu akan pergi ke pesta yang dihadiri banyak orang.

4. Jangan berkirim pesan sambil berjalan

Ponselmu akan sangat berguna nanti tapi umumnya saat kamu berjalan ke tempat yang tidak jauh misalnya menuju mobil melalui tempat parkir, maka jangan berkirim pesan karena jika kamu berkirim pesan, kepala mu akan menunduk dan kamu mungkin tidak menyadari keberadaan orang asing tersebut. Jika kamu sibuk dengan ponsel, orang yang tidak dikenal itu mungkin mengira kamu tidak memperhatikan sekelilingmu. Dan pada kenyataannya jika kamu berjalan sambil mengetik pesan sambil menunduk dan tidak memperhatikan keadaan sekitar maka kamu akan mudah ditaklukan.

5. Jangan terus menerus melirik ke belakang

Mungkin kamu tergoda melakukannya namun jika kamu terus menerus melirik ke belakang ini akan membuatnya sadar jika kamu memperhatikan orang asing tersebut, dan ini bisa membuat mereka menyerangmu. Tentu jika kamu terlalu sering melirik ke belakang kamu akan lupa memilih rute untuk melarikan diri, tempat berlindung, atau orang-orang yang bisa membantu di depanmu

6. Bersiap untuk melawan

Jika orang tak dikenal itu mengikutimu kamu harus bisa mempertahankan diri salah satunya dengan memegang kunci di dalam saku dan kunci berada diantara jari manis, jika kamu melawan maka ujung kunci tersebut cukup untuk membuatnya terluka dan memberimu waktu untuk kabur selain itu cara tersebut cepat dan mudah selain itu cara tersebut akan memberikan  rasa yang lebih aman kemudian.

Kamu diikuti orang asing ? Ini dia cara mengantisipasinya

7. Tau kapan dan bagaimana menggunakan ponselmu

Jika kamu sedang berjalan ke rumah dan kamu tau sedang di buntuti oleh seseorang maka ambil ponselmu dan hubungi seseorang atau keluarga dan katakan pada mereka posisimu, tetaplah mengobrol hingga sampai dengan tujuan. Ada pula aplikasi keamanan yang dapat kamu pasang di ponselmu, jadi lakukan riset apakah kamu punya aplikasi keamanan favorit? Tulis di kolom komentar ya.

8. Pergi ke tempat ramai

Jika kamu merasa sedang dibuntuti orang asing ada beberapa cara aman untuk menghindarinya, pergilah ke warung kopi, rumah makan atau toko secepat mungkin jika sudah larut malam jangan khawatir ada toko, apotik, dan pom bensin yang buka 24 jam kamu akan merasa jauh lebih aman dan dikelilingi banyak orang dan kamu bisa meminta bantuan pada seseorang bila perlu, tunggulah seseorang menjemputmu terutama teman atau keluarga.

9. Ambil rute yang berbeda dari biasanya

Jika merasa diikuti orang cobalah mengambil rute alternatif dari dan ke tempat tujuan. Ini berlaku saat sedang menyetir atau jalan kaki. Ini akan menyulitkan orang tersebut membuntutimu, karena rute yang kamu lalui berbeda. Ubah kebiasaan yang menarik perhatian, tujuannya yaitu untuk membuat seseorang sebingung mungkin.

10. Jangan ragu untuk menghubungi polisi

Jika orang itu mulai mendekat dan kamu merasa tidak nyaman terutama jika kamu diikuti berkali-kali seperti yang sudah saya sebutkan, maka hubungi nomor darurat di wilayah tempat tinggalmu, jangan lama beritahu pada operator di mana posisimu. Jika kamu tidak bisa memberikan alamat lengkap gunakan nama jalan atau gambarkan keadaan di  sekelilingmu. Dengan begini jika kamu terputus dan kamu terpaksa harus mengakhirinya, polisi tetap bisa menemukanmu. Lebih baik berjaga-jaga daripada menyesal.

Langkah keamanan dasar jika kamu bepergian dan diikuti orang tak dikenal yaitu

Beritahu teman, saudara, atau keluargamu kemana kamu akan pergi. Ini akan mempermudah mereka mencarimu jika terjadi sesuatu, ini akan membuatmu aman dalam jangka panjang dan membuat semua pihak lebih tenang

Jika kamu berjalan ke rumah ambillah rute yang terang sebisa mungkin. Jangan mengambil jalan pintas seperti melewati tempat gelap seperti hutan ataupun gang kecil. Jika kamu sedang menyetir parkir mobilmu di tempat yang lebih terang dan juga parkir mobil sedekat mungkin dengan gedung yang akan kamu masuki

Mengobrol saat jalan pulang, jangan jalan sendirian meskipun rumah atau tujuan berikutnya dekat jangan berjalan sendirian, mintalah seorang teman atau beberapa orang untuk berjalan bersamamu terutama saat hari sudah gelap lakukan hal yang sama pada temanmu jika ia meminta hal yang serupa agar kalian bisa saling menjaga satu sama lain. Jika kamu sudah sampai beritahu teman dan keluarga bahwa kamu sudah aman dan sampai di rumah

Jika berpapasan dengan orang tak dikenal cobalah tatap matanya, saya tau ini mungkin terasa tidak nyaman, tapi jangan menatapnya terlalu lama. Namun cukup lama seperti sedang berucap “aku melihatmu dan aku bisa mendeskripsikan dirimu tanpa harus mengucapkannya” ini akan membuatmu berpikir dua kali untuk menyerang, berhati-hatilah dengan penipuan. Jika orang asing menghentikanmu di jalan dan menanyakan arah, uang, atau menjual sesuatu berhati-hatilah buat jarak diantara kalian berdua, jangan berinteraksi terlalu lama, tanggapi dengan kalimat singkat dan tegas, jangan lengah dan jangan biarkan orang itu menjauh dari pandangan banyak orang.

Saat berjalan menuju mobil siapkan kunci jangan sampai ketika di depan pintu mobil kamu masih mencari kuncimu. Ini bisa membuatmu menjadi target empuk, jika seseorang telah mengawasimu mereka pasti telah menunggumu yang sedang tidak berkonsentrasi.

Sebagai tambahan pelajarilah dasar-dasar beladiri untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *