Skema penipuan jenis Ponzi yang mendunia

Skema penipuan jenis Ponzi yang mendunia

Namanya keren juga yah "Ponzi" tapi saya garansikan jangan pernah pakai nama ini sebagai nama anak anda karena efek yang ditimbulkan sangat berbahaya hhe.

Apa itu Ponzi ?
Ponzi dipopulerkan oleh Charles Ponzi yang lahir pada tahun 1882, Charles K. Ponzi adalah imigran asal Italia yang berangkat ke Canada pada tahun 1903. Dia ditangkap karena melakukan pemalsuan dan dipenjara di Canada. Sepuluh hari lepas dari penjara, kembali dia ditangkap karena melakukan penyelundupan orang ke Amerika dan kemudian ditahan di penjara Atlanta.
Skema penipuan jenis Ponzi yang mendunia

Pada tahun 1920 Ponzi dan perusahaannya jasa "kupon pos" di Boston menjadi perbincangan di Pantai Timur Amerika. Dia berhasil meraup 9,5 juta dollar dari 10.000 investor dalam waktu singkat, dengan menjual surat perjanjian (promissory notes) "Bayar 55 sen untuk setiap sen, hanya dalam waktu 45 hari".

Ponzi kemudian disidangkan dengan tuduhan melakukan penipuan finansial. Metode nya dia namakan "buble burst", dan kemudian kita kenal menjadi "skema Ponzi". Ponzi kemudian berusaha kabur ke Itali pada saat sidang sedang ditunda, akan tetapi di culik oleh Sherif saat kapalnya bersandar di New Orleans. Ponzi dibawa ke negara bagian Texas kemudian dipindahkan ke Massachusetts dan akhirnya di ekstradisi ke Itali. Dari Itali, Ponzi berimigrasi ke Brazil. Ponzi meninggal di Rumah Sakit Rio de Janeiro pada tahun 1949 dengan meninggalkan warisan berupa uang pensiun dari pemerintah Brazil sebesar $75 untuk menutupi biaya penguburannya.

Bagi banyak orang Charles Ponzi adalah pelopor di dunia money game, MLM, piramida atau apapun yang bersifat jaringan.

Lalu bagaimana Ponzi itu sebenarnya terjadi ? Mari kita tinjau.

Langkah dalam Skema Ponzi

1. Membuat skema investasi di mana investasi itu memiliki untung supeeerrrr! Misalnya untung besar 100% dalam 1 bulan, lalu mencari beberapa orang untuk mau berinvestasi.

2. Modal dari investor yang terkena jebakan betmen disetor dan selang beberapa saat sesuai janjinya modal dan bunga dikembalikan tepat waktu.

3. Dibuatlah pembuktian-pembuktian keberhasilan pembayaran dan pada umumnya investor yang sudah terkena jebakan betmen akan menginvestasikan ulang uangnya dan diminta mengajak teman-temannya untuk masuk kedalam jebakan betmen.

4. Dana sudah terkumpul dengan mengulang skema tahap 1 sampai 3 lalu pemilik usaha dengan judul ponzi akan melarikan diri dengan jurus ninja dengan tentunya membawa lari uang yang telah dihimpun.

Simpel kan? Tapi apakah hasilnya besar? Nah itulah keunggulan dari skema jaringan ini, dapat menjaring banyak sekali orang dalam satu periode tertentu.

Apa saja yang umumnya "Ada" pada usaha dengan Skema Ponzi?


1. Janji yang menjanjikan: Pada umumnya karena skema ini membutuhkan kecepatan secepat mungkin dapat mengumpulkan dana, pastinya memberikan janji semanis Madu rasa racun :). Diiringi dengan penjelasan yang bertema masuk akal atau menjadi masuk akal karena pengelola dikatakan memiliki akses tertentu pada sebuah instrumen investasi yang orang lain bahkan dewa sekalipun tidak memiliki aksesnya. Hha omong kosong bro :)

2. Korelasi: agar meyakinkan pada umumnya dibuat sebuah kondisi meyakinkan dengan melibatkan orang terkenal atau bahkan presiden yang padahal pihak yang dilibatkan juga tidak tahu kalau dirinya terlibat.

3. Testimonial dan Info: seringnya usaha dengan latar belakang skema ponzi memberikan testimonial-testimonial kesuksesan dari para investornya.

4. Return yang pasti dan fantastis: pada banyak kasus ponzi, selain return-nya fantastis luar biasa besar, keuntungan yang diterima pasti. Bahkan semakin besar dana yang di investasikan kadang diberikan return yang lebih besar juga (pasti = fix return x% / periode)

Penipuan Skema Ponzi yang Terkenal di Dunia

Skema ponzi yang paling menghebohkan di tahun 2000-an adalah skema ponzi ala Bernard Madoff. Skema ponzi Bernard Madoff tergolong nge-hitz dan sangat merugikan karena berhasil menipu SEC atau yang terkenal sebagai polisi bursa saham Amerika. Madoff dalam menjalankan skema ponzi-nya menyebabkan kerugian hingga 170 miliar dollar amerika, wah kalu buat dibeliin tahu dapet berapa banyak ya ? :).
Bagikan Share

0 Response to "Skema penipuan jenis Ponzi yang mendunia"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung
=> Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
=> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish