Reksadana dan Unitlink, apakah bedanya ? Mari kita simak

Reksadana dan Unitlink, apa bedanya ?

Reksadana dan Unitlink, apakah bedanya ? Mari kita simak

Banyak yang bertanya apa itu asuransi yang digabung dengan investasi ? Yah asuransi yang digabung dengan investasi adalah sebuah produk yang muncul dari anggapan banyak orang bahwa asuransi yang dibeli sebagai sebuah biaya. Sehingga banyak orang yang enggan membeli produk asuransi. Dengan munculnya produk asuransi yang tergabung dengan investasi dapat membuat kita merasa nyaman bahwa membeli produk asuransi tidaklah membuat kita kehilangan uang kita bila asuransinya tidak kita gunakan. Asuransi kan memang sebuah payung sebelum hujan bukan ?

Dalam berinvestasi beberapa orang juga menyarankan agar kamu juga telah memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa tentunya. Sehingga apabila suatu hari dan suatu saat yang tentunya tidak ada yang mengharapkan ketika sakit, kita tidak menggerus semua hasil investasi yang kita miliki untuk biaya pengobatan penyakitnya.

Reksadana dan Unitlink, apa bedanya ?

Asuransi dengan bundling (gabungan) investasi bernama Unitlink. Sebenarnya prinsip dasar dari Unitlink adalah tidak ada bedanya dengan reksadana. Oleh karena itu bila kita mendapat tawaran dari asuransi dengan paket investasi akan muncul istilah-istilah keren seperti “Unitlink Equity”, “Unitlink Pasar Uang” dan berbagai istilah keren lainnya. Bila kita ingat sepertinya memiliki kemiripan nama yah dengan produk reksadana kan?

Perbedaan Unitlink dengan Reksadana terletak pada cara pembeliannya, membeli Unitlink tanpa memiliki polis asuransi tidak dapat dilakukan. Yah berbeda dengan reksadana tentunya.

Perbedaan lainnya adalah dari segi biaya. Pada reksa dana ada 2 hal mendasar dalam biaya, yaitu biaya pembelian dan biaya penjualan. Dalam Unitlink selain ada biaya tersebut ada biaya yang disebut dengan biaya akuisisi. Biaya akuisisi adalah biaya yang muncul dari program gabungan asuransi dan investasi. Oleh karena itu, apabila kita ingin membeli asuransi yang memiliki kombinasi dengan Unitlink perhatikanlah biaya-biaya yang muncul dan bandingkan dengan produk lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu; biaya akuisisi dikenakan hingga tahun ke berapa, berapa biaya penjualan Unitlink yang saya miliki, besaran biaya asuransi yang dikenakan setiap bulan atau tahun, apa saja pertanggungan yang kita dapatkan dari membayar biaya asuransi tersebut dan jangan lupa melihat pertumbuhan harga NAV dari Unitlink yang bersangkutan.

Apakah hal ini berarti membuat kita rugi ? Jawabannya adalah tidak. Pada produk asuransi yang tergabung dengan investasi kita mendapatkan kemudahan  dan fasilitas dari perlindungan kesehatan yang biasanya produk seperti ini memberikan proteksi yang sangat lengkap dan menguntungkan dari segi perlindungan bagi nasabahnya. Namun memang benar ada biaya yang dikenakan dari produk yang dibundling tersebut. Namun hal itu juga sejalan dengan pelayanan produk asuransi ini yang begitu menyamankan pemegang polisnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *