Cara merubah jadwal keberangkatan (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual

Cara merubah jadwal keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual

Berpergian menggunakan kereta api menjadi pilihan bagi sebagian orang yang ingin melakukan perjalanan dengan lancar tanpa terhambat kemacetan jalanan. Bagi setiap orang yang telah membeli tiket kereta api pastinya menginginkan perjalanannya sampai di tujuan dengan tepat waktu. Namun ada kalanya seseorang berhalangan untuk berangkat ke stasiun keberangkatan karena ada suatu hal mendadak yang harus segera diselesaikan. Nah kalau sudah tidak jadi berangkat ke stasiun pada jam keberangkatan yang telah ditentukan apakah harus membatalkan tiket nya ? atau ada cara lain ?. Nah kali ini admin punya solusi bagaimana cara mengubah jam atau jadwal keberangkatan kereta api. Mau tau solusinya ? Silahkan baca lanjutannya oke.

Kembali lagi ke pembahasan bagaimana cara mengubah jam keberangkatan kereta, sebelum melakukan pengubahan jadwal/reschedule ada aturan penting yang wajib diketahui bagi penumpang yang ingin mengubah jadwalnya.

Aturannya yaitu:

1.Perubahan jadwal dapat dilakukan pada Kereta Api dengan kondisi sbb :
  • Kereta Api yang sama pada hari keberangkatan yang berbeda.
  • Kereta Api yang berbeda dengan hari keberangkatan yang sama.
  • Kereta Api yang berbeda pada hari keberangkatan yang berbeda
2.Perubahan jadwal dilayani di loket stasiun (manual/offline). Atau bisa juga melalui aplikasi KAI Access Terbaru.

 3.Dilakukan selambat - lambatnya 60 menit sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada Boarding Pass penumpang.

4.Dikenakan biaya administrasi sebesar 25% dari tarif Kereta Api diluar biaya pemesanan.

5. Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti), masih tersedia.

6.Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya lebih rendah, maka tidak ada pengembalianbiaya atas selisih tarif.

7.Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya lebih tinggi , maka penumpang membayar selisih tarif.

Nah kalau kalian sudah tau aturan-aturannya sekarang kita lanjutkan ke cara reschedule tiket kai secara online, untuk reschedule secara online agan harus mendownload terlebih dahulu aplikasinya. Aplikasi bisa di download di sini. Setelah aplikasi terinstal silahkan buka dan ikuti petunjuk di bawah ini.

1. Login menggunakan data diri anda. Jika belum mendaftar bisa daftar terlebih dahulu dan samakan data identitas seperti yang ada pada ktp.

2. Jika sudah login kemudian pilih more >> check book / pay code >> masukkan kode booking atau kode pembayaran tiket kai agan.

3. Kemudian kembali lagi ke home >> my trips >> pilih kode booking yang ingin dirubah jadwal >> scroll ke bawah dan pilih ubah jadwal.
Cara merubah jadwal keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual
4. Centang nama penumpang dan syarat ketentuan dan lanjutkan >> pilih tiket kereta baru agan.
Cara merubah jadwal keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual
5. Ketika sudah di pilih kemudian klik lanjutkan >> pilih metode pembayaran (kalau saya menganjurkan pilih atm atau minimarket karena yang paling mudah atau simpel) >> klik bayar >> lanjutkan ke kode pembayaran.
Cara merubah jadwal keberangkatan  (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual
6. Setelah mendapatkan kode pembayaran kemudian bayar sesuai pilihan metode bayar yang sudah di pilih.

7. Jika sudah di bayar lihat dan check di my trip >> pilih kode booking yang sudah di reschedule tadi dan taraaa tiket agan kini sudah di reschedule. Untuk reschedule ini dikenai biaya 25 % dari harga tiket awal namun menurut pengalaman saya jika harga tiket yang diganti lebih murah dari tiket sebelumnya maka tidak ada kembalian uang dari tiket sebelumnya. Tetapi jika harga tiket pengganti lebih murah dan selisih antara tiket awal dan tiket pengganti melebihi biaya fee 25 % dari tiket awal, maka agan tidak dikenai biaya fee dan tidak ada kembalian uang dari tiket yang sebelumnya

Nah gimana mudah bukan ? Cara yang ini lebih mudah dilakukan karena agan tinggal pilih jadwal keberangkatan lagi dan agan bisa membayarnya secara online. Lalu gimana caranya merubah jadwal kereta secara offline / manual ? Merubah jadwal kereta secara online dapat dilakukan dengan mendatangi di loket stasiun pada jam 09 pagi - 04 sore. Dengan aturan tiket boleh dirubah tanggal keberangkatannya maksimum 24 jam sebelum jam keberangkatan

Selain itu yang perlu agan perhatikan adalah, kereta pengganti juga harus tersedia untuk di pesan supaya ada pengganti untuk tiket yang akan diganti jadwalnya.

Nah setelah itu agan datang ke loket stasiun dengan jam layanan 9 pagi - 4 sore dan ambil nomor antriannya jika terdapat banyak orang yang ingin mengganti jadwal kereta.

Kemudian isi formulir berwarna merah untuk pembatalan tiket dan reschedule  (rubah jadwal). Jika agan berhalangan untuk hadir agan bisa diwakilkan orang lain, namun untuk pembatalan tiket harus agan sendiri yang datang kalau tidak bisa hadir bisa pakai surat kuasa untuk diberikan kepada yang mewakili.

Langkah selanjutnya tulis formulir merah tadi dan isi kode booking tiket yang mau dirubah jadwal kemudian isi kereta pengganti, tanggal keberangkatan, nama kereta, dan jam keberangkatan. Kalau agan belum mengetahui jadwal keberangkatan kereta dan nama kereta. Agan bisa melihatnya di daftar jadwal keberangkatan kereta api di stasiun atau agan bisa tanya ke petugas.

Nah itulah cara ganti jadwal keberangkatan kereta api, semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba semoga berhasil, sekian dan terimakasih.

No comments for "Cara merubah jadwal keberangkatan (reschedule) tiket kereta api secara online maupun offline/manual"