Cara membuat rekening efek / saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia

Cara membuat rekening efek / saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia


Salam sejahtera para sobat semua, di bulan september yang baik ini saya akan membagikan tips bagaimana cara membuat atau mendaftar rekening efek (rekening saham) melalui perusahaan efek Phillip Sekuritas Indonesia. Sebelum itu mungkin ada yang bertanya-tanya apakah itu rekening efek ? Nah disini saya akan menjelaskan apa itu rekening efek, jadi rekening efek merupakan rekening yang bisa digunakan untuk transaksi efek dalam hal ini transaksi saham ataupun reksadana. Rekening efek ini terbagi menjadi dua yakni perorangan dan badan usaha, tapi kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat rekening efek dalam bentuk perorangan. Nah kenapa saya memilih Phillip Sekuritas Indonesia sebagai perusahaan sekuritas untuk membuat rekening efek ? Itu karena perusahaan ini sudah anda di Indonesia semenjak tahun 1989 dan pada tahun 2015 mendapat penghargaan dari majalah investor dan Berita Satu sebagai 'Online Trading Terbaik' dan juga 'The Best Social Activation' dan perusahaan ini sudah terdaftar di OJK (otoritas jasa keuangan) sehingga kantor pusatnya sudah jelas.

Untuk melakukan registrasi rekening efek terlebih dahulu harus memiliki sebuah rekening bank normal. Rekening bank normal/biasa ini digunakan untuk mentransfer dan menerima dana dari RDI (Rekening Dana Investor). Nah apa itu rekening dana investor ? RDI merupakan rekening bank atas nama anda sendiri yang terhubung dengan rekening bank normal/biasa milik anda, dalam RDI berbeda dengan rekening bank lain karena RDI ini tanpa buku dan ATM tetapi uang yang di transfer pada rekening tersebut dapat digunakan untuk transaksi saham. Bila anda mencairkan saham anda alias menjualnya maka secara otomatis RDI akan mentransfer dananya ke rekening bank normal/biasa yang telah anda hubungkan dengan RDI ini. Jadi intinya RDI ini hanya sebagai perantara antara rekening bank anda dengan perusahaan efek untuk transaksi saham.

Dalam hal memilih RDI pastikan sama dengan rekening bank yang anda miliki saat ini, hal ini dikarenakan jika rekening bank anda berbeda dengan instansi perbankan pada RDI maka anda akan dikenakan biaya transfer antar bank, namun kalau rekening ada sejenis dengan RDI maka tidak akan dikenakan biaya transfer antar bank. Nah pada POEMs anda diberikan 4 pilihan sebagai RDI yaitu bank BCA, Mandiri, Permata, dan Sinarmas. Silahkan anda pilih yang cocok dengan anda hhe.

Tahap selanjutnya setelah anda memilih RDI yang cocok dengan rekening bank biasa anda kemudian yang perlu anda lakukan adalah melakukan pengisian formulir pendaftaran rekening efek. Dalam pengisian formulir efek ini anda bisa melakukannya secara online kemudian anda mencetaknya (print) kemudian di kirim lewat pos ke alamat Phillip Sekuritas Indonesia.

Untuk pengisian formulir pendaftaran rekening efek dapat dijelaskan sebagai berikut. Pengisian dapat dilakukan melalui website resmi phillip sekuritas yaitu poems.co.id atau melalui aplikasi poems id untuk android ( aplikasi bisa di download di Di Sini ).

Nah setelah agan buka aplikasinya maka akan muncul tampilan yang berisi formulir dengan format isian Nama, tempat/tanggal lahir, email, dan kewarganegaraan. Jika agan memiliki ijin tetap tinggal di Amerika Serikat maka centang pilihan "saya memiliki ijin tinggal tetap (green card)".
Setelah itu klik lanjutkan maka akan ada isian lagi berupa Nomor KTP, Nomor NPWP, dan Alamat sesuai KTP. Namun jika agan tidak punya npwp atau agan masih berstatus kuliah, untuk npwp bisa untuk tidak di isi namun pada lampiran berkas untuk dikirimkan agan bisa tambahkan kartu mahasiswa jika agan masih kuliah.
Cara membuat rekening efek / saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia

Kemudian lanjut lagi ada pengisian alamat rumah. Untuk prngisian alamat rumah silahkan agan isi apabila alamat rumah agan berbeda dengan yang tertulis di KTP.

Setelah itu klik lanjutkan maka agan akan masuk ke pengisian biodata lagi seperti jenis kelamin, agama, status pernikahan ( yang masih jomblo pilih aja lajang hhi ), dan nama gadis ibu kandung. Selanjutnya di bawahnya ada pertanyaan isian "darimana anda mengenal phillip sekuritas" silahkan pilih sumbernya sesuai yang agan inginkan.
Selanjutnya akan ada question tujuan anda berinvestasi silahkan pilih sesuai keinginan agan apakah untuk apresiasi harga, spekulasi, pendapatan, investasi atau lainnya.
Selanjutnya akan ada form data pribadi Ahli Waris, agan bisa mengisinya dengan mencantumkan nama lengkap dan hubungan ahli waris dengan agan (apakah saudara, sepupu, keponakan, ataupun anggota keluarga) untuk memilih ahli waris usahakan agan pilih orang terdekat agan jangan orang lain ya.
Cara membuat rekening efek / saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia

Klik selanjutnya kemudian akan ada isian Informasi Bank, pada Rekening pribadi isikan nama bank, lokasi bank, dan cabang dari  rekening bank yang agan buat.
Setelah itu isikan rekening atas nama agan sendiri kemudian cantumkan nomor rekening agan sesuai dengan yang ada pada buku rekening.
Pada bagian bawah kemudian terdapat isian "Bank yang dipilih sebagai rekening" pada isian ini usahakan bank yang agan pilih sebagai rekening RDI sama jenisnya dengan rekening bank biasa yang anda miliki ( ini bertujuan untuk menghindari biaya transfer yang akan terjadi kemudian hari.
Cara membuat rekening efek / saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia

Setelah selesai terakhir kemudian akan ada salinan dokumen yang telah di isi sesuai langkah awal diatas. Salinan dokumen ini akan dikirimkan oleh perusahaan sekuritas ke alamat email agan untuk dicetak. Setelah agan cetak dokumennya kemudian akan ada isian tambahan berupa profil resiko pemodal, di dalam profil resiko pemodal berisi tentang pertanyaan perkiraan jangka waktu berinvestasi, Sikap agan terhadap resiko investasi, tujuan berinvestasi, tujuan pemanfaatan hasil investasi dan nanti hasilnya di sajikan dalam bentuk skor. Skor ini menentukan agan apakah termasuk orang yang konservatif (takut akan resiko), moderat (tengah-tengah), ataupun agresif (tidak takut dengan resiko sama sekali).

Kemudian akan ada formulir tanggapan. Formulir ini berisi tentang pertanyaan online platform yang sudah disediakan oleh phillip sekuritas. Pada pertanyaan ini centang pilihan jika agan sudah mengerti tentang berbagai online platform poems, namun jika belum tulis silang saja. Kemudian akan ada "surat kuasa tabungan investor" surat kuasa ini akan digunakan pihak sekuritas untuk membuat rekening dana investor (RDI) milik agan dan pastikan pada sisi bawah formulir ini ada tanda tangan agan disertai materai yang tertulis pada bagian bawah.

Setelah itu pada setiap bagian bawah dokumen yang tertulis paraf pastikan sudah agan tanda tangani. Terakhir cek semua formulir yang sudah agan isi dari awal pastikan sudah benar dan tepat. Jika semuanya sudah beres tinggal kirimkan berkas anda lewat pos ke alamat Phillip Sekuritas Indonesia "ANZ Tower Level 23B, Jl. Jend. Sudirman Kav 33A Jakarta 10220 - Indonesia"

Nah itulah cara membuat rekening saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia. Untuk lamanya pembukaan rekening sendiri membutuhkan waktu sekitar 2 minggu (menurut pengalaman saya). Jika kiriman agan sudah diteriman oleh pihak phillip sekuritas maka agan akan menerima email yang berisi informasi tentang info login seperti username, password, dan pin code. Username, password, dan pin code ini dimuat dalam bentuk file pdf yang dikirim ke alamat email agan. File pdf ini terproteksi dengan kata sandi yang hanya bisa di buka dengan tanggal lahir agan. Setelah di buka file pdf nya kemudian gunakan password, username, dan pin code nya untuk login di website poems atau melalui aplikasi android poems. Setelah login gantilah password dan pin code agan dengan yang baru supaya lebih aman ya.

Setelah tahap di atas selesai agan sudah bisa gunakan akun yang sekarang sudah dimiliki untuk bertransaksi saham. Tetapi sebelum digunakan untuk bertransaksi pastikan saldo pada rekening dana investor (RDI) sudah tersedia dana. Jika belum maka agan bisa mengisi depositnya melalui rekening bank yang sudah agan hubungkan dengan RDI. Sebagai catatan RDI hanya bisa digunakan untuk mengirim dan menerima dana dari rekening yang sudah agan hubungkan sebelumnya, jadi jika agan mengisi deposit melalui rekening bank lain sudah pasti tidak bisa di transfer/dikirim atau jika melalui rekening bank lain nomor rekening  RDI agan tidak bisa di kirim dana. Namun hanya bisa mengirim dan menerima dana dari rekening yang sudah agan hubungkan pertama kali pada pendaftaran diatas. Nah gimana? Mudah bukan selamat mencoba semoga berhasil ya.

No comments for "Cara membuat rekening efek / saham melalui Phillip Sekuritas Indonesia"