Mem-Backup / Mencadangkan Pesan Whats App ? Ini dia caranya

Mem-Backup / Mencadangkan Pesan Whats App ? Ini dia caranya

Pesan whats app dapat di back up apabila sesorang menghendakinya untuk alasan tertentu. Namun umumnya pesan what app dicadangkan apabila pengguna menginstall aplikasi whats app baru. Entah itu karena ganti ponsel atau sekedar men setel ulang ponsel ke pengaturan pabrik.

Mengapa pesan whats app harus di backup atau dicadangkan ? Pesan whats app di backup umumnya digunakan untuk menjaga supaya chat-chat penting tidak hilang. Karena dalam pencadangan pesan whats app meliputi pencadangan pesan tulisan, audio, gambar, dan video.

Pencadangan pesan whats app sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara, diantara cara tersebut yakni dengan mencadangkan pesan ke google drive dan kedua bisa dilakukan dengan pencadangan manual ke sebuah perangkat penyimpanan.

Lalu bagaimana pencadangan file whats app tersebut, oke kita langsung saja ke caranya.

Pertama kita akan membahas pencadangan melalui fitur google drive yang ada pada fitur whats app. Untuk melakukan pencadangan dengan metode ini dilakukan sebelum kamu meng-uninstall atau mencopot aplikasi whats app dari perangkatmu. Karena kita akan masuk ke aplikasi whats app terlebih dahulu.
Mem-Backup / Mencadangkan Pesan Whats App ? Ini dia caranya

Caranya bukalah aplikasi whats app kemudian pilih menu setelan >> chat >> cadangan chat . Setelah itu pada menu setelan google drive pilih cadangkan ke google drive dan pilih "Hanya ketika mengetuk Cadangkan" kemudian pilih akun google yang akan di gunakan untuk mencadangkan lalu pilihlah cadangkan memlalui jaringan seluler atau wifi, dapat juga menyertakan video dengan memilih "Sertakan video".
Setelah itu tunggu proses pencadangan selesai.

Pencadangan yang kedua ini dilakukan secara manual yakni dengan menyimpan langsung file data whats app. Caranya tinggal kamu masuk ke file penyimpanan perangkat >> cari folder whats app >> copy semua file whats app >> letakan/paste file tersebut di kartu sd atau terserah dimana. Selama proses penyalinan file usahakan aplikasi whats app jangan di uninstall terlebih dahulu, agar file databasenya tidak hilang. Nah ketika kamu ingin memasang aplikasi whats app baru, jangan di pasang dahulu. Tetapi langsung pindahkan file whats app salinan tadi ke penyimpanan perangkat ini dimaksudkan agar ketika whats app di buka maka aplikasi tersebut tidak perlu lagi membuat file, jadi data kamu yang tersimpan sebelumnya tidak terbuang dengan percuma.
Mem-Backup / Mencadangkan Pesan Whats App ? Ini dia caranya

Perbedaan pencadangan manual dengan pencadangan google drive yaitu pada pencadangan manual tidak memerlukan data seluler dalam melakukan pencadangan namun hanya perlu memindahkan file whats app nya saja sedangkan pada pencadangan google drive memerlukan data seluler untuk mengunggah seluruh file yang di cadangkan. Jadi keuntungan pencadangan manual ini lebih cepat dan simple, tidak perlu menunggu waktu mengunggah file seperti pada pencadangan menggunakan google drive.

Namun kekurangan pada pencadangan manual ini biasanya atau bisa saja file video bisa tertukar, bisa pada pesan chat satu dengan lainnya. Tetapi untuk pesan suara, gambar, dan tulisan tetap pada tempatnya masing-masing.

Apabila lupa akun google drive kamu masih tetap bisa melakukan pemgembalian atau backup data kembali pada whats app. Ini juga kelebihan dari pencadangan manual, selagi kamu lupa akun google drive mana yang kamu gunakan sebelumnya kamu masih bisa mengantisipasinya.

Untuk pencadangan menggunakan google drive, lama tidaknya waktu yang diperlukan tergantung berapa besar file yang akan diunggah. Jika kamu menyertakan video maka secara otomatis file yang akan di unggah menjadi lebih besar, kalau saya sendiri lebih menggunakan yang cara manual hhe, maklum untuk mengunggah file sebesar itu data seluler kurang memadai hhe. Kalau kalian pakai cara keduanya juga tak apa, lebih bagus. Selamat mencoba.

No comments for "Mem-Backup / Mencadangkan Pesan Whats App ? Ini dia caranya"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email