Macam-Macam Citraan Puisi

Macam-Macam Citraan Puisi

Gambaran angan dalam dalam puisi ini disebut citraan (imagery).  Citraan atau pengimajian adalah gambar-gambar dalam pikiran,  atau gambaran angan si penyair.  Setiap gambar pikiran disebut citra atau imaji (image).  Gambaran pikiran ini adalah sebuah efek dalam pikiran yang sangat menyerupai gambaran yang dihasilkan oleh penangkapan kita terhadap sebuah objek yang dapat dilihat oleh mata ( indera penglihatan ).   Oke tanpa panjang lebar akan saya jelaskan macam-macam citraan puisi berikut ini,  Letsss Goo ..........
Macam-Macam Citraan Puisi
Citraan puisi dibagi menjadi 7, yaitu
  1. Citraan Penglihatan,  yaitu citraan yang ditimbulkan Indera Penglihat (mata).  Citraan ini dapat memberikan rangsangan kepada mata sehingga seolah-olah dapat melihat sesuatu yang sebenarnya tidak terlihat.
  2. Citraan Pendengaran,  yaitu citraan yang ditimbulkan oleh indera pendengar (telinga).  Citraan ini dapat memberikan rangsangan kepada telinga sehingga seolah-olah dapat mendengar sesuatu yang diungkapkan melalui citraan tersebut.
  3. Citraan Perabaan,  yaitu citraan yang melibatkan indera peraba (kulit), misalnya kasar, lembut, halus, basah, panas, dingin dan lain - lain
  4. Citraan Penciuman,  yaitu citraan yang berhubungan dengan indera pencium (hidung).  Kata-kata yang mengandung citraan ini menggambarkan seolah-olah objek yang dibicarakan berbau harum, busuk, anyir, dan lain-lain.
  5. Citraan Pengecapan,  yaitu citraan yang mengandung indra pengecap (lidah). Melalui citraan ini seolah-olah kita dapat merasakan sesuatu yang manis, kecut, asam, pahit dan lain - lain.
  6. Citraan Gerak,  yaitu citraan yang secara konkret (nyata) tidak bergerak,  tetapi secara abstrak objek tersebut bergerak.
  7. Citraan Perasaan,  yaitu citraan yang melibatkan hati (perasaan).  Citraan ini membantu kita dalam menghayati suatu objek atau kejadian yang melibatkan perasaan.
Nah itulah penjelasan mengenai macam-macam citraan puisi yang dapat saya sampaikan,  semoga bermanfaat bagi sobat pembaca........  End

No comments for "Macam-Macam Citraan Puisi"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email