Cara mengirim/mentransfer file dari komputer ke ponsel android atau sebaliknya tanpa kabel data

Cara mengirim file dari laptop atau pc ke ponsel android tanpa kabel data

Cara mengirim/mentransfer file dari komputer ke ponsel android atau sebaliknya tanpa kabel data

Sistem komunikasi dan informasi memiliki perkembangan yang lebih cepat dibandingkan sistem yang lain. Adanya perkembangan tersebut menjadikan informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan umum yang sangat diperlukan. Dalam dunia informasi tidak lepas dari yang namanya komputer, gadget, televisi dan sebagainya.

Dalam sebuah pertukaran informasi menggunakan komputer memerlukan suatu perangkat atau jaringan yang terintegrasi satu sama lain. Namun dalam hal pertukaran file juga membutuhkan suatu perangkat agar bisa terhubung. Seperti dalam halnya mengirim atau menerima data dari komputer.

Dalam mengirim dan menerima data dari komputer maka kita biasanya menggunakan kabel data untuk mengirimkannya ke ponsel pintar. Namun dalam beberapa hal cara ini memiliki kekurangan yaitu bisa menyebarkan virus. Entah itu virus dari ponsel pintar ke komputer atau sebaliknya dari komputer ke ponsel pintar.

Dengan adanya pengembangan dan inovasi maka ditemukanlah suatu cara agar pengiriman file tidak menyebabkan masalah lain yang merepotkan. Salah satu pengembangan dari sebuah transfer file adalah adanya software share-it. Dengan softwatre share-it pengiriman segala jenis file dapat dilakukan tanpa menggunakan kabel data. Melainkan pada share-it memanfaatkan sebuah jaringan hotspot yang terhubung ke wifi untuk melakukan sebuah pengiriman file.

 Cara mengirim/mentransfer file dari komputer ke ponsel android atau sebaliknya tanpa kabel data

Nah misalkan saja kalian ingin mengirimkan file ke ponsel pintar, maka pada ponsel pintar harus dilengkapi dengan aplikasi share-it dengan versi yang sama atau versi diatas 4.0 dan untuk aplikasi share-it untuk komputer/pc bisa di download di sini lalu untuk ponsel pintar android bisa di download di sini. Sesudah kedua perangkat memiliki aplikasi share-it baru transfer file bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Install dulu share it pada pc/komputer dan pada android
  2. Buka share it keduanya
  3. Pada share it android pilih terima >> sambungkan ke pc
  4. Tunggu share it pada android menemukan pengguna share it komputer/pc, ketika sudah ditemukan maka klik nama pengguna yang tertera di layar
  5. Maka pada komputer/pc akan muncul pemberitahuan penyambungan klik saja Accept
  6. Tunggu hingga tersambung, ketika sudah tersambung maka sudah bisa digunakan untuk saling mengirim file.

Menggunakan aplikasi ini mempunyai keuntungan yaitu pengiriman dapat dilakukan secara cepat karena menggunakan jaringan wifi sehingga kecepatannya bisa
sampai 5Mbps. Nah disamping kelebihan itu aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yaitu:

Dapat digunakan untuk mengontrol tampilan power point (slide show) atau ppt. Sehingga jika sobat sedang melakukan presentasi sobat bisa mengontrolnya lewat smartphone sobat sendiri.

Dapat juga digunakan untuk tampilan jarak jauh, tetapi dalam hal ini hanya dalam jarak sekitar 10 meter saja. Jika masih dalam jarak tersebut maka bisa digunakan untuk membuka/mengeplay file musik, gambar, dan video dari laptop/pc melalui smartphone. 

Jika sobat khawatir kalau suatu saat semua file pada smartphone sobat hilang maka bisa dicadangkan ke laptop/pc sehingga tidak khawatir kehilangan data.

Nah itulah cara mengirim dan menerima data dari komputer/laptop ke smartphone tanpa kabel data, jika sobat memiliki pertanyaan atau kurang paham mengenai
cara di atas maka bisa ditanyakan pada kolom komentar di bawah, terimakasih dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *