Cara mengatur APN pada kartu SIM supaya internet Lancar

Salah satu hal yang paling di dambakan oleh para peselancar dunia maya adalah jaringan internet yang lancar dan stabil. Untuk mendukung semua itu diperlukan sebuah penyedia layanan internet berkualitas baik. Agar bisa memiliki jaringan internet berkualitas baik juga butuh isi dompet yang tidak sedikit. Namun terkadang terlepas dari semua itu, penyedia layanan internet juga sering terjadi kendala masalah/trouble pada sambungan jaringan.

Jika jaringan sudah trouble atau bermasalah akibatnya aktivitas surfing di dunia maya bisa terganggu kan. Nah hal ini yang menjadi hal yang menyebalkan bagi saya dan kalian semua tentunya hhe. Lagi asyik-asyiknya streaming tiba-tiba buffering, yang seperti ini biasanya bikin orang ngantuk dan rasa-rasanya pengen mecahin genteng gitu lah. Nah untuk jaringan internet yang sering terjadi buffering ini bisa terjadi karena pengaturan jaringan yang salah.

Pengaturan jaringan internet yang salah bisa terdapat pada settingan APN nya. Lalu apa itu APN? APN (Access Point Name) adalah nama sebuah gateway (pintu gerbang) antara jaringan selular GSM, GPRS, 3G, 4G, atau 4.5G dan jaringan komputer lain dalam struktur frekuensi internet publik. Lalu bagaimana cara mengatur APN supaya internet lancar? Simak caranya berikut ini.
Cara mengatur APN pada kartu SIM supaya internet Lancar

Cara mengatur APN biar internet lancar
Berikut caranya:
  1. Masuk ke Pengaturan >> Selengkapnya 
  2. Pilih jaringan seluler >> Access Point Name (nama titik akses), setiap smartphone mempunyai nama yang berbeda-beda intinya cari pengaturan jaringan seluler
  3. Pilih APN (misal XL GPRS, Telkomsel GPRS, dsb) Ketika sudah di buka pastikan APN sudah default. Kalau belum maka tetapkan sebagai default dengan cara pilih setel default.
  4. Jika sudah default cari nama Proxy dan Port >> hapus Proxy dan Port >> Selesai 
  5. Jika sudah di hapus proxy dan port maka bisa di tes untuk internetan menjadi lancar jaya, sudah saya buktikan dan berhasil. Kalau kalian sudah menghapus proxy dan port tetapi belum berhasil sebaiknya catat dan ingat dulu nomor port dan proxy nya. Jadi bisa dimasukkan lagi kalau belum berhasil.
Cara mengatur APN pada kartu SIM supaya internet Lancar

Cara mengatur APN pada kartu SIM supaya internet Lancar

Kalau menghapus port dan proxy tetapi belum berhasil kemungkinan ada kesalahan isian pada bagian selain port dan proxy nya. Untuk mengatasi hal itu maka isilah dan perbaiki bagian yang lain dengan benar seperti nama, APN, nama pengguna, password, dan sebagainya.
Mengatur APN dilakukan dengan cara yang berbeda-beda tergantung operator mana yang kita gunakan. Namun pada intinya sama hanya merubah nama pengguna dan kata sandinya. Berikut beberapa APN dari berbagai operator seluler yang ada saat ini.

APN AXIS
Nama : Bebas atau AXIS GPRS
APN : AXIS
Nama pengguna : axis
Password : 123456

APN Telkomel (Simpati As) Nama : Telkomsel
APN : GPRS
Nama pengguna : wap
Password : wap123

APN Indosat (Mentari Im3)
Nama : Indosat Gprs
APN : indosatgprs
Nama pengguna : indosat
Password : indosat

APN XL
Nama : XL GPRS
APN : www.xlgprs.net
Nama pengguna : xlgprs
Password : proxl

APN 3 (Three/Tri)
Nama : 3gprs
APN : 3prs
Nama pengguna : 3gprs atau 3data
Password : 3gprs atau 3data

APN Smartfren
Nama : Smartfren
APN : #999
Nama pengguna : M8
Dial Number : #777
Password : M8

XL Unlimited
APN : xlunlimited
Nama pengguna : kosongkan
Password : kosongkan

Three 3 GPRS
APN : 3gprs
Nama pengguna : 3gprs
Password : 3gprs
Internet XL GPRS

APN : www.xlgprs.net
Nama pengguna : xlgprs
Password :proxl

APN 3 Unlimited
APN : 3data
Nama pengguna : 3data
Password : 3data

Silahkan sesuaikan dengan kartu SIM kalian dan hidupkan data anda dan coba untuk internetan, pasti lancar jaya. Gimana mudah bukan? hanya perlu memasukan beberapa kata saja hhe. Kalau masih bingung silahkan komen aja di bawah, terimakasih.

No comments for "Cara mengatur APN pada kartu SIM supaya internet Lancar"

Dapatkan Notifikasi Artikel Melalui Email