Cara mengetahui nomor hp yang kita gunakan disadap atau tidak

no featured image found

Cara mengetahui nomor hp yang kita gunakan disadap atau tidak

Setiap saat pasti kita tidak pernah lewat dari yang namanya komunikasi lewat hp atau telepon. Yah komunikasi lewat hp ataupun telepon sudah menjadi hal yang wajar terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi. Namun perlu diingat bahwa komunikasi lewat hp atau telepon juga rawan terhadap penyadapan. Apa ? Penyadapan ?  Apa itu penyadapan ? Yah penyadapan merupakan sebuah pemantauan percakapan telepon atau hp dan internet oleh pihak ketiga yang dilakukan dengan cara rahasia tanpa diketahui oleh pihak yang sedang berkomunikasi. Percakapan atau komunikasi yang disadap tersebut dapat direkam atau dipantau secara ilegal / tidak resmi oleh pihak ketiga tanpa sepengetahuan pihak yang sedang berkomunikasi lewat hp atau telepon. Penyadapan telepon dikontrol secara ketat dan pada umumnya dilarang dengan alasan privasi, namun juga bisa dilegalkan (diperbolehkan) untuk alasan tertentu, sesuai dengan hukum yang berlaku di negara yang bersangkutan.

Cara mengetahui nomor hp yang kita gunakan disadap atau tidak

Telepon seluler (ponsel) memiliki sejumlah masalah keamanan privasi. Pemerintah, penegak hukum, dan badan intelijen di Britania Raya dan Amerika Serikat menggunakan ponsel untuk melakukan penyadapan. Teknologi yang digunakan antara lain dengan mengaktifkan mikrofon pada ponsel dari jarak jauh untuk mendengarkan percakapan yang berlangsung di dekat orang yang memegang ponsel tersebut. Ponsel juga sering digunakan untuk mengumpulkan data lokasi. Saat ponsel dihidupkan, lokasi geografis dari ponsel akan secara otomatis dapat ditentukan dengan mudah (baik jika ponsel sedang digunakan atau tidak) dengan menggunakan teknik yang dikenal dengan multilaterasi. Teknik ini mampu menghitung perbedaan waktu yang dibutuhkan oleh sinyal dari menara seluler untuk mencapai ponsel pemiliknya.

Kembali ke persoalan bagaimana kita mendeteksi kalau nomor hp kita disadap atau tidak ? Nah untuk mengetahui nomor hp kita disadap atau tidak yaitu dengan cara mengetikkan suatu kode kemudian kita panggil (call) kode yang sudah diketik tadi. Pertanyaannya kode apa yang akan diketikkan ? Nah kode yang diketikkan ini berupa kombinasi angka pada menu telepon yang dapat kita panggil, berikut ini sejumlah kode angkanya.

1. Kode pertama *#61# lalu tekan panggil (call) kode ini berlaku untuk segala jenis hp. Setelah ditekan panggil maka apabila muncul nomor tertentu kemungkinan memang benar hp agan disadap oleh orang atau oknum tertentu. Sebagai catatan nomor yang muncul tersebut tidak dapat diakses termasuk jika di telepon atau di sms. Namun sebaliknya jika tidak muncul Nomor tertentu hp agan bisa dipastikan tidak disadap.

2. Kode kedua *#21# lalu tekan tombol call (panggilan) kemudian tunggu kode MMI sedang dimulai setelah itu akan muncul respon tampilan seperti berikut ini:
Suara : Tidak diteruskan
Data : Tidak diteruskan
Faks : Tidak diteruskan
Sms : Tidak diteruskan
Sink : Tidak diteruskan
Asink : Tidak diteruskan
Paket : Tidak diteruskan
PAD : Tidak diteruskan

Cara mengetahui nomor hp yang kita gunakan disadap atau tidak
Namun apabila ada salah satu yang DITERUSKAN, maka bisa dipastikan Nomor agan telah disadap!!
Sebagai catatan kombinasi *#21# sebenarnya digunakan untuk mengaktifkan pengalihan panggilan (call forwarding) dan digunakan apabila telepon milik kita akan disambungkan ke saluran lain PSTN,mailbox, dan lain-lain.

3. Kode ketiga *#62# kode tersebut digunakan untuk mencari tahu di mana panggilan, pesan dan data yang sedang dialihkan. Jika panggilan atau pesan agan memang tidak dialihkan, agan bisa tenang dan tak perlu khawatir (nomor hp agan bebas dari penyadapan).

4. Kode keempat ##002# kode ini merupakan kode universal untuk mematikan semua bentuk pengalihan dari ponsel agan. Jika merasa panggilan atau pesan pada ponsel agan sedang dialihkan, segera masukkan kode tersebut.

5. Kode kelima *#06# kode ini digunakan untuk mengetahui nomor IMEI (International Mobile Equipment Identifier) dengan kode ini agan bisa menggunakannya untuk mencari tahu siapa yang mencuri ponsel agan. Walaupun ponsel yang dicuri kartu sim nya dibuang dan diganti dengan yang baru, namun ketika ponsel dihidupkan lokasi akan secara otomatis disampaikan kepada operator jaringan dan juga lokasi yang disampaikan juga memuat nomor IMEI dari ponsel agan.

Nah itulah sejumlah cara untuk mengetahui apakah nomor hp agan disadap atau tidak. Dengan mengetahui nomor hp kita disadap atau maka kita bisa lebih tenang dan tidak perlu khawatir. Ingat waspadalah kalau presiden aja yang dilindungi pasukan pengaman presiden masih saja disadap secara ilegal apalagi kita yang cuma rakyat biasa hhe. Waspadalah waspada dan waspadalah. Terimakasih semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *