Cara membuat perangkat CCTV dengan menggunakan ponsel android

Cara membuat perangkat CCTV dengan menggunakan ponsel android

CCTV ( closed circuit television ) adalah siaran atau penampil gambar video maupun audio yang menggunakan sinyal bersifat tertutup dan berbeda dengan televisi biasa yang biasanya merupakan sinyal siaran.
CCTV juga merupakan sebuah perangkat keamanan untuk memantau suatu aktivitas pada suatu ruangan tertentu dengan tujuan keamanan. Pada umumnya cctv ini di pasang pada bagian yang sulit dilihat oleh orang, dengan tujuan supaya tidak dicurigai oleh orang yang ingin masuk pada ruangan tersebut. Untuk pemasangan cctv dibutuhkan keahlian dalam men-setting kamera cctv dan letaknya pada ruangan.

Namun pada era sekarang ini keberadaan CCTV sudah sangat pesat beredar di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan sangat dibutuhkan untuk memantau segala aktivitas terutama pada pusat perbelanjaan, toko, rumah sakit, maupun perbankan yang membutuhkan tingkat keamanan tertentu. Untuk pemasangannya pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari kamera CCTV yang berkualitas baik jika ingin gambar yang ditampilkan terlihat jelas hingga penyimpanan DVR ( digital video recorder ) untuk menyimpan data rekaman secara aman dan biaya instalasi yang lumayan merogoh dompet. Untuk itu kali ini admin jokobek.id ingin berbagi tentang cara membuat perangkat CCTV menggunakan ponsel android yang intinya lebih efisien dan lebih mudah. Nah cara ini cocok bagi agan yang ingin memasang perangkat CCTV pada lokasi usaha maupun rumah agan namun belum sempat membeli perangkat CCTV.

Oke kembali ke pembahasan, untuk pemasangan cctv dengan perangkat android ini agan hanya memerlukan dua perangkat android yang saling terkoneksi dengan jaringan internet. Lebih jelasnya perangkat android yang satu digunakan sebagai kamera pemantau cctv sedangkan yang satunya berfungsi sebagai penampil atau viewer atau dalam perangkat cctv biasa disebut dengan monitor.
Nah saran saya untuk perangkat android yang ditempatkan sebagai kamera, usahakan memiliki kualitas gambar yang baik agar nantinya gambar yang ditampilkan pada viewer bisa terlihat dengan jelas.

Lalu bagaimana caranya memasang perangkat cctv jenis ini ? Nah di bawah ini akan admin jelaskan cara-caranya.

1. Pertama agan setting dulu ke-2 perangkat android agan agar saling terhubung.

2. Untuk mensetting nya pastikan agan sudah memiliki akun google untuk menghubungkan kedua perangkat android melalui aplikasi Alfred Camera. Nah aplikasi ini nantinya harus diinstal pada kedua perangkat android agan.
Cara membuat perangkat CCTV dengan menggunakan ponsel android

3. Kalau sudah diinstal. Bukalah aplikasinya kemudian pilih apakah perangkat android agan digunakan sebagai Camera atau viewer, jika sudah kemudian klik login dengan akun google.

4. Untuk perangkat yang digunakan sebagai camera, maka letakkan perangkat tersebut di tempat yang agan inginkan dan pastikan terhubung dengan koneksi internet.

5. Nah untuk perangkat yang satunya tinggal agan buka aplikasi alfred camera  dan pilih sebagai viewer, kemudian login dengan akun google yang sama dengan perangkat yang digunakan sebagai camera. Lalu akan muncul tampilan video yang terhubung dengan perangkat android yang digunakan sebagai camera.

6. Jika agan tidak membawa ponsel, agan juga bisa merekam streamingnya melalui alamat website https://alfred.camera/webapp pada browser dan login menggunakan akun google yang sama maka agan bisa melihat tampilan dari perangkat android yang agan gunakan sebagai camera.

Untuk dapat terus tersambung dengan viewer usahakan koneksi internet pada perangkat android selalu terhubung, agar selalu terhubung agan bisa gunakan jaringan wifi ataupun sejenisnya. Dan pastikan baterai pada perangkat android agan terisi dengan penuh. Supaya tetap bisa merekam pada setiap saat. Aplikasi ini juga merekam dalam kondisi layar mati, jadi walaupun layar nya tidak di hidupkan aplikasi ini tetap merekam asalkan posisi ponsel tidak di nonaktifkan. Nah kalau agan lupa gak bawa ponsel, agan tetap bisa mengaksesnya lewat website alfred camera. Disitu agan bisa melihat secara live dari perangkat camera yang agan pasang sebelumnya. Agan hanya perlu login dengan akun google yang sama pada website alfred camera. Nah itulah tips membuat perangkat cctv dengan android, semoga bermanfaat. Selamat mencoba semoga berhasil.


Bagikan Share

0 Response to "Cara membuat perangkat CCTV dengan menggunakan ponsel android"

Post a Comment

Terimakasih telah berkunjung
=> Silahkan berkomentar sesuai artikel diatas
=> Berkomentar dengan url ( mati / hidup ) tidak akan di publish