Cara sederhana Membuat PUPUK NPK Organik Cair di rumah sendiri

Cara sederhana Membuat PUPUK NPK Organik Cair di rumah sendiri

Melihat optimisme pemerintah indonesia menuju swasembada pangan, namun kenyataan di lapangan para petani kekurangan stok pupuk yang mengandung NPK ( Nitrogen Phospat Kalium ) dalam hal ini NPK Bersubsidi. Maka untuk membantu para petani menjaga agar tanamannya tetap tumbuh subur meski menggunakan pupuk organik dengan bahan yang mudah di dapat di alam bebas. Bagi petani di Indonesia sejak mengenal pupuk kimia pada umumnya demi mengejar swasembada pangan, tetapi efek buruk yang ditimbulkan dari pupuk kimia sangatlah kompleks.

Dari semakin rusaknya tanah pertanian hingga munculnya berbagai macam hama tanaman dan penyakit penggangu tanaman akibat dari pemakaian pupuk kimia yang berlebihan. Unsur dasar dalam pupuk NPK yaitu N adalah Nitrogen, P adalah Phosphat, dan K adalah Kalium. Ketiga unsur tersebut adalah kandungan dasar yang ada pada pupuk untuk menjaga kesuburan tanah tanaman, namun sebenarnya kandungan tersebut bisa didapati di alam bebas. Sederhana namun membutuhkan keberanian yang kuat dalam merubah perilaku ini. Adapun bahan untuk membuat pupuk NPK Organik Cair ini antara lain: Bagian dalam batang pisang, Bonggol pisang, Air Kelapa, dan Sabut Kelapa.

Cara sederhana Membuat PUPUK NPK Organik Cair di rumah sendiri

Batang Pisang bisa dikatakan merupakan alternatif pengganti dari pupuk urea. Penggunaan batang bisang memiliki kemampuan mempercepat pertumbuhan pada tanaman. Kandungan batang pisang yang utama adalah kaya akan Nitrogen, yang berfungsi sebagai pembentukan vegetatif bagian tanaman terutama Akar, Batang, Daun, Perangsang Fotosintesis untuk penghijauan daun, untuk membentuk persenyawaan organik, merangsang mikroorganisme di dalam tanah. Bonggol pisang sesuai dengan kandungannya yaitu Giberilin dan Sitokini berfungsi sebagai perangsang pertumbuhan tanaman, selain itu bonggol pisang juga bermanfaat sebagai pengurai atau dekomposer pada pembuatan pupuk kompos. Bonggol pisang lebih banyak mengandung unsur hara P atau Phospat sehingga banyak digunakan sebagai penambah nutrisi tanaman. Air Kelapa mempunyai potensi besar untuk dijadikan pupuk pertanian karena ia juga memiliki kandungan Nitrogen, Zat Pengatur Tumbuh atau ZPT, Protein, Asam Amino, Karbohidrat, Senyawa Organik Komplek, Air, dan Karbon Aktif.

Air kelapa secara khusus sangat kaya kandungan Kalium atau K atau Potassium. Sabut Kelapa sangat baik digunakan sebagai pupuk sumber Kalium alami. Selain sebagai sumber kalium, sabut kelapa juga memiliki unsur hara lainnya yang bermanfaat bagi tanaman. Dalam setiap sabut kelapa terkandung Kalium Dan Klorida. Adapun fungsi kalium dan klorida bagi tumbuh-tumbuhan adalah untuk memperkuat akar tumbuhan.

Cara pembuatan PUPUK NPK ORGANIK:

1. Siapkan satu buah Bonggol Pisang dan Batang Pisang. Iris bahan tersebut menjadi potongan-potongan kecil. Selanjutnya campur irisan batang pisang dan bonggol pisang tersebut.

2. Tahap selanjutnya siapkan satu buah tong atau ember penampung air yang berukuran 20 liter, dan masukkan sabut kelapa yang telah di iris kecil ke dalam tong penampung yang telah dipersiapkan termasuk air kelapa dari 1 butir kelapa tua.

Cara sederhana Membuat PUPUK NPK Organik Cair di rumah sendiri

3. Selanjutnya masukkan cacahan batang pisang dan bonggol pisang tadi ke dalam tong atau ember tersebut. Isi tong tersebut dengan air sebanyak 13 liter. Tutup rapat drum atau tong di tempat teduh. Usahakan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Di dalam tong atau ember akan terjadi proses fermentasi untuk mengeluarkan kandungan Nitrogen, Kalium, dan Phospat dari bahan-bahan tersebut. Atau bisa juga tambahkan 3 tutup botol cairan EM4 untuk mempercepat proses fermentasi 

4. Setelah kurang lebih 1 bulan keluarkan air yang berisi bahan-bahan tadi. Tanda pupuk NPK Organik Cair telah jadi yaitu adanya aroma yang menyengat dari cairan pupuk tersebut. Pupuk NPK organik cair sudah bisa digunakan. Penggunaan pupuk ini bisa diaplikasikan untuk di semprot maupun di siram langsung pada tanaman.

Cara sederhana Membuat PUPUK NPK Organik Cair di rumah sendiri

Untuk pengaplikasian pada tanaman, 1 liter Cairan dari pupuk ini dapat dicampur dengan 4 liter air bersih.

Dengan menggunakan pupuk NPK Organik Cair ini dapat merangsang pertumbuhan mikroorganisme baik dalam tanah sehingga membuat tanah menjadi subur dan tidak merusak struktur tanah. Demikian cara membuat pupuk NPK Organik Cair. semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya kawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *