Empat Jurus Jitu Menangani Kegagalan Registry Windows

Empat Jurus Jitu Menangani Kegagalan Registry Windows

Seandainya suatu saat komputer kita mengalami kerusakan registry, ada 4 langkah yang layak kita lakukan yaitu:

  1. Melakukan Start Ulang Sistem. Sebagian besar data registry Windows disimpan di RAM ( Random Access Memory ) jika informasi terkorupsi maka harus dilakukan pembacaan ulang agar didapatkan suatu informasi yang benar. Saat kita melakukan booting ulang maka registry akan mengambil datanya dari harddisk dan memasangkannya ke RAM dimana akhirnya akan dipakai oleh sistem. Contoh bagus adalah masalah ID font. Setiap font dikenali oleh sistem dengan nomor ID. Saat font dipakai di dokumen, font akan disimpan dengan nomor tersebut dan diberi label dengan nama. Jika nomor terkorupsi, maka tampilan pada dokumen akan menunjukan font yang tidak sesuai dengan aslinya.Empat Jurus Jitu Menangani Kegagalan Registry Windows
  2. Melakukan Deteksi Ulang. Jika kita merasa atau mendapatkan suatu device bekerja tidak sebagai mana mestinya, mungkin setting setting registry untuk devjce tersebut terkorupsi. Untuk memulihkannya kita dapat memakai fasilitas redetect yang disedikan oleh Windows.
  • Melakukan Proses Restore. Ada berbagai jurus yang dapat dipakai untuk me-restore registry yang rusak. Bergantung pada cara kita mengamankan Registry.
  • Melakukan Instal Ulang. Pilihan ini merupakan jurus yang ampuh dalam mengembalikan kondisi registry. Instal ulang akan mengembalikan driver dan file-file yang rusak. Terkadang merupakan jurus pamungkas namun terkadang juga merupakan jurus pembuka. Bagi kita yang tidak mau pusing dalam mencari dimana letak kesalahan terjadi dapat langsung melakukan reisntall. Saya tidak akan menyalahkan dalam hal ini, karena pencarian kesalahan yang terjadi akan memakan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan proses instal ulang. Tapi ada baiknya juga, jika mereka tidak berminat menelusuri kesalahan dalam registry. Karena kalau semua orang berminat menjadi ahli komputer, lalu yang lain kebagian apa ? Hhe

Dari pembahasan-pembahasan yang membosankan diatas dapat kita ketahui bahwa registry memang merupakan jantung dari sistem operasi Windows. Oleh karena itu seharusnyalah kita merawat, mengamankan dan memberikan perhatian ekstra. Itulah beberapa trik sederhana untuk menangani kegagalan registry, semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *