Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Jadi ada 4 pelaku dalam kehidupan ekonomi, pertama ada bank sentral sedangkan di indonesia namanya bank indonesia, kedua adalah bank komersial, ketiga adalah masyarakat, keempat adalah perusahaan.
Bank sentral berperan dalam mengatur perekonomian yang ada di suatu negara. Ada 2 senjata bagi bank sentral untuk membuat ekonomi terus berjalan. Pertama adalah suku bunga acuan, kedua adalah menambahkan uang ke dalam sistem perekonomian.

Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Bank komersial adalah lembaga keuangan tempat kita menabung, atau penyimpan uang. Dan sebagai lembaga pemberi pinjamam kepada masyarakat dan perusahaan.Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Masyarakat berperan dalam menyediakan tenaga kerja dan sebagai konsumen. Perusahaan berperan mengelola sumber daya alam menjadi suatu produk. Jadi perekonomian dapat berjalan dikarenakan adanya penawaran dan permintaan. Kita mulai dengan hubungan antara masyarakat dengan perusahaan. Masyarakat menawarkan tenaga kerja sebagai ganti gaji sedangkan perusahaan akan menawarkan produknya sebagai ganti uang oleh masyarakat.

Hubungan masyarakat dengan perusahaan ada yang lain, perusahaan membutuhkan modal usaha memiliki 2 opsi demi kebutuhan modalnya. Pertama dengan cara meminjam dari bank dan kedua dengan cara menjual sebagian saham perusahaan sebagai ganti modal usaha.Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Masyarakat dalam kasus tersebut berperan sebagai pihak yang memberikan modal atau disebut dengan pemegang saham. Hubungan antara bank dengan perusahaan seperti yang telah tertulis di atas, perusahaan yang membutuhkan modal usaha memiliki salah satu cara yang diantaranya meminjam uang di bank atau yang bisa kita sebut sebagai kredit. Jadi hubungan antara bank dengan perusahaan adalah kebutuhan untuk meminjam modal.Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Hubungan antara masyarakat dengan bank adalah hubungan pinjam meminjam. Bank meminjam uang kita untuk dipinjamkan kepada orang lain. Uang yang kita pinjamkan kita sebut menabung dan uang yang dipinjamkan oleh bank ke orang lain disebut dengan kredit. Hubungan antara bank dengan bank lain adalah pada saat bank A tidak memiliki uang untuk melakukan peminjaman ataupun mengembalikan uang pinjaman dari masyarakat maka bank A akan melakukan peminjaman kepada bank B terlebih dahulu dengan rate yang berbeda atau biasa disebut dengan G Bond atau sekarang yang disebut dengan indoniak.

Hubungan antara bank dengan bank sentral adalah, bank sentral sebagai penggali perekonomian memerlukan kepanjangan tangan dalam mengatur perekonomian tersebut secara langsung. Karena hal itu bank sentral memerlukan bank komersial sebagai kepanjangan tangan.Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Seperti yang tertulis sebelumnya, bank sentral memiliki 2 alat untuk mengatur perekonomian yaitu suku bunga acuan dan memasukkan uang ke dalam sistem perekonomian. Jika bank sentral menaikkan ataupun menurunkan suku bunga acuan maka bank komersial akan menuruti langkah yang dilakukan oleh bank sentral.Bagaimana sebuah Uang dapat bekerja ?

Alat kedua bank sentral akan meminjamkan uang kepada bank komersial untuk meneruskan kegiatan perbankan. Oke sekian kita lanjut ke bahasan berikutnya besok lagi ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *