Mengapa harga emas selalu naik saat terjadi ketidakpastian kondisi ekonomi ?

Mengapa harga emas selalu naik saat terjadi ketidakpastian kondisi ekonomi

Alasan mengapa harga emas selalu naik saat terjadi ketidakpastian ekonomi adalah karena emas sudah lama menjadi investasi safe heaven. Apa itu investasi safe heaven suatu produk investasi bisa disebut sebagai produk investasi safe heaven jika investasi tersebut dapat menyelamatkan uang investor ketika produk investasi lainnnya tidak dapat. Dan bukan hanya menyelamatkan tetapi juga memberikan profit kepada investor. Nah emas sudah lama menjadi pilihan investor untuk investasi safe heaven.

Sekarang pertanyaannya ada 2 mengapa emas disebut sebagai investasi safe heaven dan mengapa harga emas dapat naik ketika terjadi ketidakpastian dalam ekonomi.

Pertama saya akan menjelaskan mengapa emas disebut sebagai investasi safe heaven. Seperti pernyataan saya sebelumnya yaitu investasi safe heaven harus dapat menyelamatkan uang investor ketika produk investasi lainnya tidak dapat. Produk investasi lainnya seperti saham ataupun mata uang.

Nah sekarang apa perbedaan antara saham ataupun mata uang. Perbedaannya adalah emas tidak terikat dengan kondisi ekonomi suatu negara ataupun kinerja perusahaan. Seperti yang kita tahu harga saham dipengaruhi oleh kinerja perusahaan itu sendiri dan juga ekonomi negaranya. Pergerakan nilai mata uang suatu negara juga dipengaruhi oleh kondisi ekonomi suatu negara. Sedangkan untuk emas harganya di pengaruhi oleh permintaan di pasar global dan suplai emas yang ada di pasar. Perbedaan inilah yang membuat emas menjadi investasi safe heaven.

Mengapa harga emas selalu naik saat terjadi ketidakpastian kondisi ekonomi

Sekarang saya akan menjelaskan perbedaan emas dengan produk investasi lainnya dan bagaimana hal itu dapat membuat harga emas naik. Pertama-tama perlu anda ketahui bagaimana cara investor bekerja. Pada dasarnya keputusan investasi pada seorang investor akan berdasarkan 2 hal yaitu keuntungan yang akan di dapat dan resiko yang akan di tanggung.

Sekarang coba anda lihat gambar bussines cycle berikut ini.

Mengapa harga emas selalu naik saat terjadi ketidakpastian kondisi ekonomi

Saya akan membandingkan saham dengan emas. Ketika masa awal pemulihan sampai masa puncak pemulihan dapat anda lihat pasar saham menyediakan kesempatan mendapatkan profit yang sangat besar dengan resiko yang minimum. Mengapa? Karena ketika kondisi ekonomi membaik maka perusahaan-perusahaan juga akan mulai mendapatkan keuntungan besar-besaran, sehingga akan mengangkat nilai sahamnya sedangkan resiko investor minimal karena ketika awal pemulihan maka harga saham sedang jatuh-jatuhnya. Selain itu dengan prospek ekonomi yang baik, maka investor juga semakin yakin bahwa kinerja perusahaan akan terus membaik. Ketika investor mulai berani mengambil resiko maka investor akan beralih ke investasi yang menghasilkan profit yang lebih besar yaitu di pasar saham.

Sedangkan emas tidak menghasilkan keuntungan yang besar tersebut. Jika kita lihat grafik pergerakan harga emas terlihat bahwa kenaikan harga emas tidak pernah luar biasa tetapi begitu juga dengan penurunannya. Dengan kata lain emas adalah investasi yang stabil. Selain itu emas bukan merupakan mata uang suatu negara tertentu ataupun produk dari perusahaan tertentu. Oleh karena itu harga emas tidah dipengaruhi oleh kondisi ekonomi suatu negara ataupun kinerja perusahaan.

Mengapa harga emas selalu naik saat terjadi ketidakpastian kondisi ekonomi

Ketika masa awal resesi hingga puncak resesi yang terjadi justru sebaliknya. Kondisi ekonomi menjadi sulit yang membuat kinerja perusahaan menurun dan harga saham di pasar sedang tinggi-tingginya. Ketika ini terjadi maka investasi investor di pasar saham akan lebih beresiko daripada kemungkinan profit yang akan di dapat. Dan jika investasi di emas akan menyelamatkan uang investor seperti yang sudah saya katakan sebelumnya emas tidak akan terpengaruh oleh kondisi ekonomi suatu negara ataupun kinerja perusahaan. Selain itu jika dilihat dari grafik sebelumnya harga emas tidak pernah turun terlalu tajam. Karena itu menjadi lebih masuk akal bagi investor untuk mengamankan uangnya di emas daripada beresiko jatuh di pasar saham.

Selain atas dasar tersebut ada juga yang disebut dengan psikologi pasar, ketika investor mulai membeli emas maka akan menaikkan harga emas dan ketika harga emas naik akan menarik minat dari para trader yaitu orang-orang yang ingin mengambil keuntungan dari kenaikan harga emas. Hal inilah yang membuat kenaikan harga emas menjadi semakin tinggi karena selain dibeli oleh investor juga dimainkan oleh para trader.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *