Apa itu Collateralized Debt Obligation ? Dan bagaimana penerapannya ?

Apa itu Collateralized Debt Obligation ? Dan bagaimana penerapannya ?

Jadi pada pasar rumah amerika saat itu ada 4 pelaku yaitu pemilik rumah, bank, investor, dan investment bank. Pada penjelasan saya sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana investment bank membagi mortgage back security yang dibeli dari bank menjadi sebuah perusahaan bayangan atau yang disebut dengan special purpose entitty. Nah sekarang kita akan melanjutkan pembahasan dari sana, jadi investment bank membuatnya menjadi sebuah perusahaan untuk dapat dijual lagi kepada  investor dengan bentuk share saham ataupun dengan bentuk obligasi yang disebut dengan special purpose entity. Oleh investment bank share ini dibagi menjadi beberapa macam untuk memberikan opsi bagi investor. Karena ada investor yang ingin berinvestasi pada instrumen yang aman, returnya kecil juga tidak masalah dan juga ada yang returnya besar tapi beresiko.

Apa itu Collateralized Debt Obligation ? Dan bagaimana penerapannya ?

Jadi investment bank memiliki ide untuk membaginya menjadi beberapa pilihan investasi bagi investor yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu

  • Senior Treas
  • Junior Treas
  • Equity Treas

Senior Treas merupakan investasi yang paling aman, karena dijamin asuransi dengan mekanisme credit default swap, sedangkan equity treas merupakan investasi yang memberikan kemungkinan profit paling besar karena profit yang diterima investor floating mengikuti pemasukan uang ke CDO atau dalam kasus ini adalah pemasukan dari pasar rumah. Tetapi sekaligus menjadi yang paling beresiko karena jika pembayaran yang diterima oleh perusahaan kurang maka equity treas merupakan investasi yang dibayar paling terakhir setelah senior dan junior treas dipenuhi. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh perhitungan.

Kita kembali ke perhitungan yang kemarin lagi, sebuah perusahaan bayangan yang mengumpulkan mortgage backed security sampai bernilai 100 milliar dan mendapatkan return sebesar 10%. Sehingga pertahunnya perusahaan tersebut mendapat uang 11 milliar. Dari nilai 100 milliar tersebut oleh investment bank dibagi menjadi 3 treas.

Sebagai contoh senior treas mendapatkan  jatah share sebesar 50 milliar sedangkan junior treas mendapatkan share sebesar 30 milliar dan equity treas mendapatkan share sebesar 20 milliar sehingga jika ditotal semuanya menjadi 100 milliar. Kemudian investment bank juga berhak untuk menentukan keuntungan yang diterima tiap treas tersebut, contoh senior treas mendapatkan 7% sesudah di potong biaya asuransi credit default swap, kemudian junior treas mendapatkan 9%. Untuk equity treas ini akan mendapatkan sisa pembayarannya, jadi begini untuk senior treas dengan 50 milliar dikalikan dengan keuntungan yang diterima yaitu 7% menghasilkan keuntungan sebesar 3,5 milliar. Nah pembayaran keuntungan ini diambil dari 11 milliar dan diterima oleh perusahaan.

Sedangkan untuk junior treas  dengan sharenya yang senilai 30 miliar dikalikan dengan keuntungan yang diterima yaitu sebesar 9% akan mendapatkan keuntungan sebesar 2,7 milliar. Nah untuk keuntungan yang diterima oleh equity treas maka uang yang diterima oleh perusahaan yaitu sebesar 11 milliar akan dikurangkan dengan uang yang sudah di bayarkan untuk senior dan junior treas yaitu sebesar 6,2 milliar jadi keuntungan untuk equity treas adalah 4,8 milliar atau jika dipresentasikan adalah 24 %. Semua akan mendapatkan pembayaran jika pemilik rumah tidak ada yang gagal bayar tetapi jika ada pemilik rumah yang gagal bayar sehingga perusahaan tidak lagi mendapatkan return  sebesar 11 milliar maka keuntungan yang di terima oleh equity treas juga akan berbeda.

Apa itu Collateralized Debt Obligation ? Dan bagaimana penerapannya ?

Semisal dari 100 pemilik rumah tersebut ada yang gagal bayar sebesar 10% jadi uang yang diterima oleh investment bank hanya menjadi 9,9 milliar. Maka equity treas tidak lagi mendapatkan 24% tetapi menjadi 18,5%. Tetapi jika yang gagal bayar meningkat menjadi 50% maka investment bank hanya akan menerima 5,5 milliar. Karena untuk kebutuhan junior treas dan senior treas mencapai 6,25 milliar maka jika perusahaan hanya mendapatkan 5,5 milliar, equity treas tidak  akan mendapatkan uang apapun.

Apa itu Collateralized Debt Obligation ? Dan bagaimana penerapannya ?

Sedangkan untuk junior treas hanya akan mendapatkan jatah pembayaran sebesar 2 milliar, hasil dari pengurangan 5,5 milliar yang diterima oleh perusahaan dengan pembayaran untuk senior treas. Sehingga jika dipresentasikan junior treas hanya akan mendapatkan 6,6%. Jika pembayaran diterima oleh perusahaan turun di bawah 3,5 milliar yang dimana nilai tersebut dibawah nilai yang seharusnya diterima oleh senior treas maka khusus untuk senior treas jika pendapatan dari perusahaan turun di bawah 3,5 milliar maka senior treas akan mendapatkan tempuan investasinya dari perusahaan asuransi dengan sistem credit default swap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *