Peran Usaha Swasta dalam Perekonomian Indonesia

no featured image found
Usaha swasta merupakan sektor ketiga dari kekuatan tata perekonomian Indonesia sebagai perwujudan dari yang tersirat dalam Ayat 2 Pasal 33 UUD 1945 beserta penjelasannya.
Apa yang dimaksud dengan perusahaan swasta atau usaha swasta? Usaha swasta atau perusahaan swasta adalah usaha atau perusahaan yang modalnya dimiliki swasta, baik perorangan maupun sekelompok orang.
Peran Usaha Swasta dalam Perekonomian Indonesia
Usaha swasta berawal dari usaha perorangan dengan tujuan mencapai penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Karena usahanya berkembang dan keuntungan semakin bertambah serta perhitungan-perhitunga tentang imbalan, jasa dan kegiatan yang dikembangkan sudah mantap, kemudian didirikanlah perusahaan perorangan. Perkembangan dan perluasan perusahaan perorangan akan membutuhkan modal yang besar. Kebutuhan modal tersebut apabila tidak mungkin dicukupi sendiri, perlu modal dari luar atau mengajak orang  lain untuk bersama-sama mengelola perusahaan. Apabila demikian keadaannya bentuk perusahaan sudah berubah, yaitu dari bentuk perusahaan perorangan menjadi perusahaan dengan sekelompok orang. Bentuk perusahaan dengan sekelompok orang, bisa berbentuk firma, persekutuan comanditer (CV), dan perseroan terbatas (PT). Perusahaan perseorangan, firma, CV, dan PT termasuk bentuk usaha swasta.

Setiap usaha swasta, baik perorangan, firma, CV, maupun PT bertujuan untuk memperoleh keuntungan (laba). Laba ini diperoleh dari selisih lebih dari hasil penjualan produksinya setelah dikurangi jumlah seluruh biaya yang telah dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan, antara lain untuk bahan baku, bahan tambahan, bunga modal, biaya pendirian, upah gaji, listrik dan telepon, cadangan saat kegagalan, sewa bangunan dan sebagainya. Laba yang diperoleh akan digunakan untuk memperluas usaha yang nantinya akan memberikan manfaat yang besar, baik bagi pemilik perusahaan maupun masyarakat dan pemerintah. Pendapatan besar yang diperoleh perusahaan tersebut didistribusikan kepada masyarakat, berupa gaji karyawan, upah buruh, dana sosial, dana kesejahteraan karyawan, dana pensiun karyawan. Selain itu, juga diberikan kepada pemerintah berupa pajak perseroan dan pajak penghasilan karyawan. Sisanya merupakan laba bersih yang menjadi hak pemilik perusahaan. Perluasan usaha yang sukses akan memberikan peluang terbukanya usaha-usaha lain yang dapat menyerap tenaga kerja lebih banyak. Misalnya, adanya perluasan perusahaan penggergajian kayu dengan mendirikan usaha-usaha disekitar perusahaan, antara lain:usaha membuat alat-alat rumah tangga (mebeler), usaha dagang kayu, usaha warung makan, usaha pertokoan, dan usaha persewaan rumah.
Keberhasilan seorang pengusaha karena kerja keras, tekun, ulet, serta strategi yang benar, dapat menggugah rasa percaya diri calon-calon pengusaha yang lain. Dengan demikian, akan muncul usaha swasta yang lain. Perkembangan usaha swasta terus didorong pemerintah dengan berbagai kebijaksanaan yang terpadu, yaitu kebijaksanaan penanaman modal, kebijaksanaan fiskal dan moneter, kebijaksanaan pendidikan dan pelatihan, penelitian, pengembangan dan penyuluhan, penerapan teknologi serta kebijaksanaan pengembangan dan pemanfaatan informasi pasar dalam negeri dan luar negeri. Hal ini dijalankan pemerintah karena manfaat dan peranan swasta dalam pembangunan nasional sangat besar.
Peran usaha swasta dalam perekonomian di Indonesia, antara lain:
  • Menambah produksi nasional berarti memperbesar pendapatan nasional;
  • Menciptakan kesempatan kerja atau menciptakan lapangan kerja baru;
  • Membantu pemerintah dalam usaha mengurangi pengangguran;
  • Membantu pemerintah dalam usaha pemerataan pendapatan;
  • Menambah sumber pendapatan negara dengan membayar pajak;
  • Berperan dalam mempertinggi pertumbuhan ekonomi nasional;
  • Berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan nasional;
  • Berperan dalam usaha menambah sumber devisa negara;
  • Bersama-sama pemerintah dan sektor koperasi untuk mencapai tata perekonomian nasional yang berimbang;
  • Membantu pemerintah dalam usaha memakmurkan bangsa; dan
  • Usaha swasta yang kuat berperan sebagai bapak angkat membantu pengusaha yang lemah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *