Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Pertama kita akan membahas terlebih dahulu dari sisi Demand. Apa hubungan antara harga, jumlah produk dengan demand. Kita akan menggunakan contoh produk handphone. Jika kita berbicara mengenai demand kita harus melihat dari sisi konsumen. Ketika suatu handphone dijual dengan harga dibawah 1 juta rupiah, maka permintaan akan handphone tersebut akan sangat banyak. Dikarenakan harganya yang murah, maka akan banyak konsumen yang mampu untuk membeli handphone tersebut.

Sebaliknya ketika suatu handphone dijual dengan harga 50 juta rupiah maka permintaan akan handphone tersebut akan sangat sedikit sekali. Mengapa ? Karena dengan harga handphone semahal itu tidak semua orang mampu ataupun mau untuk membeli handphone tersebut. Masih banyak kebutuhan lain yang lebih penting untuk dibeli dengan jumlah uang sebesar itu.

Nah dengan penjelasan diatas maka terbentuklah “Kurva Demand” seperti ini

Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Sekarang kita akan membahas dari sisi Supply, berbeda dengan demand yang melihat dari sisi kacamata konsumen. Dari sisi supply kita akan melihat dari kacamata pengusaha. Jika kita berbicara mengenai sisi pengusaha maka satu hal yang menjadi tujuan utama yaitu memaksimalkan profit dan meminimalkan biaya produksi. Kita akan menggunakan contoh produk handphone lagi, katakanlah suatu produk handphone jenis tertentu memiliki biaya produksi semisal 1 juta rupiah. Nah ketika handphone tersebut dijual di pasaran dengan harga 1 juta rupiah maka yang terjadi adalah pengusaha tidak akan mendapatkan profit, jika suatu produk tidak memiliki produk yang menarik maka pengusaha akan berusaha memproduksi seminimal mungkin untuk menghemat biaya produksinya.

Selain itu tidak akan banyak pengusaha yang mau bergerak di bidang tersebut, hasilnya adalah supply handphone tidak akan banyak. Sebaliknya jika handphone tersebut dijual di pasaran dengan harga 50 juta rupiah maka profit yang dihasilkan akan sangat besar. Ketika ini terjadi maka pengusaha akan berusaha untuk memaksimalkan produksi barangnya agar mendapatkan profit yang sebanyak-banyaknya.

Selain itu dengan kesempatan profit sebesar itu akan menarik minat pengusaha baru untuk bergerak di bidang tersebut. Hasilnya adalah supply handphone di pasar akan sangat banyak. Nah dari penjelasan tersebut maka terbentuklah “Kurva Supply” seperti ini

Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Sekarang pertanyaannya adalah, apa hubungan antara kedua kurva tersebut? Dari kedua kurva diatas jika disatukan akan ditemukan titik keseimbangan atau biasa disebut dengan titik “Equillibrium“. Equillibrium adalah kondisi dimana konsumen setuju dengan harga yang ada di pasar dan pengusaha setuju dengan profit yang di peroleh.

Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Sekarang pertanyaannya bagaimana equillibrium dapat terjadi? Kita akan menggunakan contoh handphone lagi, sebagai konsumen pasti kita menginginkan harga handphone yang semurah mungkin, masalahnya adalah pengusaha tidak akan memproduksi suatu barang jika rugi ataupun tidak profit. Dilain sisi jika harga merek handphone terlalu tinggi maka konsumen akan beralih ke kompetitor. Nah akhirnya akan ada titik temu dimana konsumen akan setuju dengan barang dengan harga tertentu yang pengusaha juga setuju dengan profit yang diperolehnya.

One Reply to “Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya”

  1. Ping-balik: Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak - Mas Jokobek Blog

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *