Kegunaan mode penyamaran (incognito browsing) pada browser internet

Kegunaan mode penyamaran (incognito browsing) pada browser internet

Pernahkah kamu merasa ada orang yang mengawasimu ? Seperti ada sedikit rasa tak enak di pikiranmu, rasa geli yang menolakmu enggan untuk memastikan. Jika kamu sering memakai internet firasatmu mungkin benar, mesin-mesin pencari seperti google, bing, dan yahoo mendapatkan uang mayoritas dari penjualan ruang iklan, tapi pengiklan tak suka menayangkan iklan yang tak satupun sampai ke pelanggan mereka, bagaimanapun kamu juga tak mau melihat iklan lipstik saat sedang membaca artikel fitness pria. Jadi untuk mengatasi masalah ini mesin pencari suka melacak pengguna mereka, dengan begitu mereka tau saat yang tepat untuk mendapatkan hasil pencarian dengan tautan iklan. Setau saya mesin pencari tak pernah menculik orang untuk menawari mereka shampo, tapi wajar bagi sebagian orang tak suka dilacak untuk alasan itulah kebanyakan peramban atau browser kini memiliki mode incognito browsing alias mode samaran agar kamu bisa mencari tanpa diawasi. Inilah 7 alasan yang diketahui yang mungkin membuatmu menggunakan mode incognito.

1. Meminjam Ponsel

Misalkan suatu hari kamu sedang berbelanja dan kamu sedang membawa belanjaan tersebut ke kasir, tapi entah kenapa kartu kreditmu berkali-kali ditolak dan jelas ada yang tidak beres. Kemudian kamu membuka aplikasu bank mu pada ponsel untuk melihat apa yang terjadi, tapi ternyata ponselmu mati. Hari yang menyebalkan bukan? Untungnya kamu melihat temanmu jadi kamu meminjam ponselnya, kamu mengenal si joy temanmu tapi tak begitu akrab dengannya. Kalian lebih seperti rekan kerja bukan teman akrab. Jadi sebelum kamu membuka situs web kamu, kamu tekan browsernya menjadi mode incognito, dengan begini ponselnya takkan menyimpan kata sandimu atau apapun yang kamu ketik disana seperti alamat surel atau tanggal lahir. Ini adalah cara aman yang bisa dilakukan kapanpun kamu memakai gadget yang bukan milikmu baik mengirim surel, mengecek saldo atau sekedar masuk ke facebook dan kamu tak ingin orang lain tahu apa yang kamu lakukan.
Kegunaan mode penyamaran (incognito browsing) pada browser internet

2. Sesuatu yang tampak buruk jika tanpa konteks

Misalnya kamu sedang mengerjakan naskah trailer mata-mata dan pemeran utama yang gagah sedang minum dan mengambil gelas yang salah. Nah kamu harus memperhitungkan berapa lama waktu si pemeran ini untuk pergi ke rumah sakit tanpa terkesan kamu akan meracuni teman sekamarmu. Mengetik kalimat seperti "berapa lama sianida mulai beraksi" dan tampak mencurigakan jika kebetulan seseorang membaca riwayat pencarianmu. Mungkin kamu sedang tidak membuat rencana jahat, tapi semoga beruntung jika kamu harus menjelaskan ke polisi kalau ini adalah untuk menulis buku, meski semua usaha penulisan semua naskah mata-mata ini bisa membuatmu ketakutan, kamu tentu tak ingin riwayat pencarian yang mencurigakan itu ada di riwayat browsermu. Dengan menyalakan mode browsing rahasia setidaknya kamu bisa menyelamatkan diri dari percakapan canggung jika kebetulan seseorang melihat saran pencarianmu.

3. Kamu mencari sesuatu yang memalukan

Tak semua yang ingin kamu rahasiakan akan membuatmu dalam masalah. Mungkin di tubuhmu muncul ruam dan kamu perlu tahu apakah kamu harus pergi ke dokter. Meski kamu lega saat tahu ternyata ruam itu bisa disembuhkan dengan krim tropical tentu kamu tak ingin ruam bokong bersisik muncul dalam saran pencarianmu. Untungnya kamu sudah terpikir untuk browsing dalam mode incognito jadi hidupmu dapat berlanjut dan terhindar dari hal-hal yang mengingatkanmu dengan kejadian gatal itu.

Browsing rahasia juga bisa dipakai kalau kamu ingin mencari jawaban atas pertanyaan sepele yang rasanya agak memalukan kalau kamu tak tau jawabanya. Seperti gambar siapa yang ada di dalam uang kertas satu dollar, apakah ada huruf c di kata rescue, atau bagaimana cara mengeja kata ekstrakurikuler. Pertanyaan yang kamu cari belum tentu konyol tapi bukan berarti kamu ingin terus diingatkan tentang kurangnya wawasanmu di masa lalu. Ngomong-ngomong hal memalukan apa yang pernah kamu cari beritahu saya di kolom komentar ya.

4. Mengatur saran video

Pernahkah kamu karena terlalu lama memakai internet sampai di bagian youtube yang aneh itu awalnya cukup norml dengan video binatang lucu dan video aneh lainnya. Satu saran video disertai saran video yang lainnya dan sepertinya kamu sedang tersesat di sana. Parahnya saran-saran video ini terus muncul di kotak video yang disarankan. Meski itu belum terjadi kepadamu ada banyak alasan seseorang akhirnya menonton video yang jaauh di luar preferensinya. Agar video aneh itu tidak mengotori berandamu cobalah pakai mode incognito. Kamu akan lebih sulit mengakses hal-hal seperti kanal youtube berlanggananmu tapi ini akan menjauhkanmu dari video yang tak diinginkan dari berandamu.

5. Memakai banyak akun

Sangat umum orang punya satu akun untuk surel pribadi dan satu akun untuk surel kerja. Jika kamu seorang mahasiswa mungkin kamu mendapatkan satu akun dari kampusmu. Tapi masih ada banyak alasan lain kenapa seseorang butuh banyak alamat surel. Memiliki banyak akun memang merepotkan, jika membuat surel sebanyak itu pasti kamu orang yang sibuk. Untuk menghemat waktu cobalah untuk membuka akun di masing-masing jendela browser incognito yang berbeda. Alih-alih harus melihat aku satu-persatu, trik ini bisa membuatmu mengecek dan merespon semua pesan sekaligus.

6. Kamu ingin dianggap pengguna baru

Seperti yang saya katakan tadi mesin pencari melacak halaman-halaman yang kamu kunjungi agar mereka tau iklan apa yang mereka tunjukan kepadamu mereka juga mencoba mencocokan hasil yang ini dengan halaman-halaman yang kamu kunjungi di masa lalu. Tapi andai kamu tak ingin mengunjungi situs yang kamu kunjungi, misalnya apa yang akan kamu temukan jika algoritma tidak memenuhi seleramu. Ini adalah saat yang tepat untuk memakai mode incognito. Mode ini bukan hanya mencegah browsermu mencegah menyimpan catatan login dan riwayat tapi juga akan menyamarkan komputermu, menyembunyikannya dari program-program yang ditujukan untuk melacak kebiasaanmu. Ternyata ada alasan kenapa mode ini disebut mode incognito atau penyamaran, percaya atau tidak trik ini bisa membantumu menghemat uang untuk membayar hotel dan tiket pesawat. Beberapa situs pemesanan tiket terus melacak siapa saja yang melihat destinasi tertentu. Ini memungkinkan mereka untuk menentukan harga yang sesuai dan mengenakan tarif lebih mahal untuk perjalanan yang akan pasti kamu ambil. Meskipun mode incognito tidak menjamin kamu menghemat uang, ini adalah trik yang berguna kalau kamu ingin memastikan kamu akan memperoleh penawaran terbaik.

7. Belanja hadiah

Memang tidak semua orang tapi mayoritas orang suka mendapatkan barang gratis, saya tau sebab saya juga demikian hha. Dan barang yang lebih bagus daripada barang gratis ialah barang gratis yang ada dalam kotak warna-warni. Mungkin kamu ingin memberikan kejutan untuk teman dekatmu dengan sebuah kotak barang gratis. Kamu habiskan waktu berminggu-minggu untuk menentukan barang gratis yang cocok dan akhirnya memutuskan sebuah barang yang pasti akan temanmu suka. Kamu pesan barang itu dan menunggu paketnya datang. Kamu telah merencanakan malam itu dengan mendetail sampai berakhir dengan membuka kotak barang gratis itu dan tak sabar ingin melihat wajah temanmu saat membuka bungkusnya. Lalu musibah terjadi sebelum barang tersebut tiba mereka mendatangimu dan berkata "aku melihat kamu sedang mencari sepeda lipat di googe" tiba-tiba kejutan itu gagal dan ternyata temanmu tau pasti apa yang akan dia dapat pada hari yang seharusnya spesial itu. Meski kelihatan masih menghargainya tapi tak seru lagi jika dia sudah tau hadiah apa yang akan dia dapat. Kabar bagusnya kejadian ini dapat kamu hindari jika kamu gunakan mode browsing incognito atau penyamaran saar berbelanja sesuatu.

Nah itulah beberapa kegunaan yabg mungkin kamu dapatkan ketika menggunakan incognito browsing pada browsermu. Sekian semoga bermanfaat.

No comments for "Kegunaan mode penyamaran (incognito browsing) pada browser internet"