Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak

Muhammad Mustangin 5
Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak

Ketika supply barang sedikit dan demand atau permintaan pasar besar maka harga barang tersebut di pasar akan tinggi. Sebaliknya jika supply barang atau jasa banyak sedangkan demand kecil maka harga barang atau jasa tersebut di pasar akan rendah.
Nah kondisi ketiga adalah kondisi equillibrium pasar atau istilah gampangnya adalah keseimbangan pasar yaitu ketika supply dan demand atas barang dan jasa di pasar seimbang. Ketika ini terjadi maka harga barang atau jasa tersebut akan berada pada titik optimalnya.

Untuk selengkapnya mengenai penjelasan supply dan demand dapat dilihat di sini: Permintaan dan Penawaran dalam dunia Ekonomi, ini penjelasannya

Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak

Nah bagaimana proses seleksi alam akan bekerja ? Saya akan jelaskan secara umumnya terlebih dahulu. Ketika kita membahas seleksi alam maka kita akan kenal istilah Survival of the Fittest

Kita akan membuat contoh sebuah seleksi alam yang terjadi pada populasi singa dengan mangsanya populasi zebra. Ketika singa yang ada di sebuah hutan terlalu banyak maka yang terjadi adalah ekosistem rusak karena banyak zebra yang dimakan dan lama-kelamaan populasi zebra akan semakin langka. Ketika populasi zebra semakin langka maka akan terjadi seleksi alam diantara populasi singa, dimana singa yang terkuat dan cepat beradaptasi yang akan bertahan dalam kompetisi mencari makan. Tetapi sebaliknya jika populasi singa sedikit sedangkan populasi zebra berlebih maka yang terjadi adalah singa akan mudah mencari mangsanya.

Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak

Sekarang apa hubungannya seleksi alam ini dengan yang terjadi di dunia bisnis atau dunia usaha? dalam contoh saya tadi pengusaha berperan sebagai populasi singa sedangkan populasi zebra adalah konsumennya. Kita akan memberi contoh salah satunya produk masker. Ketika awal terjadi virus korona permintaan masker menaik tajam dan supply masker tidak mencukupi untuk memenuhi permintaannya. Yang terjadi kemudian adalah harga masker menjadi sangat tinggi. Ini sesuai dengan teori supply demand jika harga semakin tinggi maka profit yang di dapat pengusaha semakin besar. Nah sekarang dengan profit yang besar tersebut akan menarik minat pengusaha untuk memulai bisnis pembuatan masker.

Dengan mulai banyak pengusaha yang mulai membuat masker maka supply masker mulai dapat mengimbangi permintaan di pasar. Ketika supply masker sama dengan permintaan masker di pasar maka harga masker di pasar akan mulai menurun menuju titik equillibriumnya. Permasalahannya adalah ketika permintaan tetap atau bahkan berkurang, sedangkan perusahaan pembuatan masker yang tersedia semakin banyak. Hal ini membuat supply masker di pasar menjadi lebih banyak daripada permintaannya. Ketika supply lebih banyak daripada demand maka yang terjadi adalah harga masker akan turun. Ketika harga masker turun maka profit yang di dapatkan pengusaha juga akan ikut turun. Ketika ini terjadi maka seleksi alam akan bekerja di mana dengan harga masker yang terus menurun maka profit yang di dapat juga terus menurun.

Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak

Pengusaha bisa jadi jual rugi agar biaya operasionalnya bisa tercover. Ketika ini terjadi maka pengusaha dengan modal yang besar dan yang paling cepat beradaptasi dengan kondisi usahanya yang akan bertahan dalam menghadapi persaingan dan pengusaha kecil akan bangkrut karena modal mereka tidak mencukupi untuk bersaing dengan pengusaha besar ataupun pengusaha yang tidak mampu beradaptasi dengan kondisi usahanya. Nah setelah banyak pengusaha berguguran maka yang terjadi setelahnya adalah supply mulai normal kembali. Kondisi ini akan membuat supply masker mulai seimbang dengan permintaan masker di pasar dan akan mengembalikan harga masker ke titik optimalnya.

Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simakJadi bisa disimpulkan bahwa ketika permintaan akan suatu produk melebihi suplainya, maka yang terjadi setelahnya adalah peningkatan harga dan profit pengusaha. Ketika ini terjadi maka akan banyak pengusaha yang bergerak di bidang tersebut dan membuat suplai barang mulai tersedia dan mencukupi permintaannya. Disini akan terjadi titik equillibrium dimana kondisi harga barang atau jasa yang paling optimal.

Ketika supply terlalu banyak melebihi permintaannya maka yang terjadi adalah harga barang mulai menurun dan profit yang di dapat pengusaha juga akan ikut turun. Jika ini terjadi maka akan terjadi persaingan modal dan seleksi alam.

Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak
Dimana pengusaha dengan modal yang kuat dan mampu beradaptasi akan bertahan dan pengusaha yang tidak dapat bertahan akan bangkrut. Nah ini akan mengurangi jumlah pengusaha yang bergerak di bidang yang sama. Pengusaha berkurang maka supply juga akan ikut berkurang yang akan menyebabkan harga akan kembali normal dan profit yang di dapat akan kembali lagi.

5 Replies to “Penjelasan Mengenai Seleksi Alam dalam dunia usaha, mari kita simak”

  1. Hi there colleagues, fastidious paragraph and nice urging commented here, I am truly enjoying by these. Winnifred Jard Levy

  2. Awesome! Its genuinely amazing paragraph, I have got much clear idea on the topic of from this post. Ilyse Jerrome Greabe

  3. One of the best man is often the grooms most trustworthy and faithful good friend or relative. Edythe Pincas Fife

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *