Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Muhammad Mustangin 0
Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Viking, mereka adalah sekelompok pelaut skandinavia yang telah menyerbu dan menjajah wilayah Eropa dari abad ke 9 hingga abad ke 11 masehi sehingga mereka sangat mempengaruhi sejarah eropa. Semua viking adalah orang skandinavia tapi tidak semua orang skandinavia menjadi seorang viking.

Karena sebutan viking hanya berlaku bagi mereka yang pergi mengembara ke laut untuk tujuan memperoleh kekayaan dengan cara menjarah daerah lain. Kebanyakan masyarakat skandinavia bukanlah seorang viking. Dan orang skandinavia yang berprofesi sebagai pedagang di negara lain disebut sebagai northmen atau orang utara. Mulai tahun 703 Masehi dan berlanjut selama 300 tahun berikutnya, viking menyerang daerah pesisir dan pedalaman eropa lalu melakukan perdagangan dengan kekaisaran byzantium di timur. Bahkan diantara mereka ada yang menjabat sebagai pengawal elit Varangian untuk kaisar byzantium. Pengaruh budaya viking sangat berpengaruh terhadap budaya mereka bermukim, terutama di wilayah scotlandia, inggris, perancis, dan irlandia. Berikut ini mengenai sejarah bangsa viking selengkapnya.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Di tanah kelahiran mereka orang skandinavia bekerja sebagai seorang petani tetapi saat di laut mereka adalah seorang perampok dan penjarah. Selama periode viking kemungkinan negara-negara skandinavia memiliki sebuah masalah yaitu kelebihan populasi. Kemudian para pemimpin mereka mengorganisir kelompok-kelompok pejuang menjadi sebuah kekuatan tempur. Setelah orang skandinavia memahami teknik pembuatan kapal, merekapun mulai menjadi viking. Ketika beraksi mereka tidak menunjukan belas kasihan kepada korbannya. Kemudian kelompok-kelompok perompak ini mengarungi lautan dengan kapal panjangnya dan dengan itu mereka melakukan serangan ke kota-kota kecil ataupun besar di sepanjang pesisir eropa. Setelah menjarahnya mereka meninggalkan kota-kota tersebut karena aksi pembakaran, penjarahan, dan pembunuhan yang mereka lakukan kelompok ini diberi nama viking yang berarti bajak laut dalam bahasa skandinavia awal.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Dalam budaya Norse seorang prajurit akan dianggap tidak terhormat jika ia menyerang warga sipil yang tidak bersenjata dan mengambil hartanya. Namun hal itu dilakukan oleh para viking, bahkan menurut mereka aturan tersebut tidak berlaku jika orang yang mereka jarah bukan orang Norse. Pada tahun 793 masehi viking datang ke inggris untuk pertama kalinya lalu mereka menjarah biara Lindisfarne, kemudian mereka membunuh semua biarawan dan membawa semua barang berharga yang ada disana. Kemudian serangan pertama di eropa terjadi pada tahun 799 di sebuah biara yang berada di Noirmoutier.

Selama beberapa dekade viking sepertinya kurang berminat menyerang daerah pesisir di kepulauan inggris dan eropa. Dan saat eropa dilanda berbagai konflik internal, mereka para viking mengambil keuntungan untuk memperluas pengaruh mereka di daratan eropa. Setelah kematian kaisar Francia, Louis the Pious di tahun 840. Putranya Lothair I meminta bantuan dari pihak viking dalam perebutan kekuasaan dengan saudaranya. Tak lama kemudian viking lain menyadari bahwa penguasa Francia bersedia membayar mahal mereka agar para viking tidak menyerang penduduknya. Dengan begitu para viking malah bertambah semangat untuk menjadikan francia sebagai target jarahan selanjutnya.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Pada pertengahan abad ke 9 Irlandia, Scotlandia, dan Inggris telah menjadi target migrasi dan penyerbuan viking. Singkat cerita viking berhasil menguasai kepulauan utara Scotlandia, Hebrides, dan sebagian besar daratan Scotlandia. Kemudian mereka mendirikan kota perdagangan pertama di Irlandia dan membangun markas di pesisir Irlandia untuk melancarkan serangan ke penguasa Irlandia. Setelah itu mereka menyeberangi laut irlandia untuk sampai inggris. Pada tahun 862 raja Charles the Bald memperkuat pertahanan Francia barat dengan memperkuat kota, biara, sungai dan pesisir. Akibatnya para viking merubah pusat perhatiannya ke daerah inggris daripada wilayah Frank.

Kemudian pada tahun 851 dalam berbagai gelombang serangan viking di inggris hanya 1 kerajaan yang masih bosa bertahan yaitu kerajaan Wessex. Setelah itu tentara viking yang sebagian besar orang Denmark berhasil menaklukan East Anglia dan Northumberland dan pada tahun 871 raja Alfred yang agung dari Wessex menjadi satu-satunya raja yang benar-benar berhasil mengalahkan tentara viking denmark di inggris. Setelah kekalahan tersebut para viking pergi dari daerah Wessex dan menetap di wilayah utara, wilayah yang dikenal sebagai “Danelaw”. Saat itu banyak dari mereka yang berprofesi sebagai petani dan pedagang.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Kemudian mereka menjadikan kota York sebagai kota dagang yang terkemuka. Lalu pada paruh pertama abad ke 10 keturunan Alfred dari Wessex mulai berhasil merebut kembali wilayah orang viking di inggris. Raja viking terkahir Erik Bloodaxe diusir dan di bunuh pada tahun 952, setelah itu inggris pun berhasil disatukan menjadi satu kerajaan.

Di sepanjang abad ke 9 pasukan viking masih tetap aktif di benua eropa seperti pada tahun 842 mereka menjarah kota Nantes yang berada di pesisir perancis dan menyerang kota yang jauh dari pesisir seperti paris, limoges, orleans, tours, dan nimes. Lalu pada tahun 844 viking menyerbu kota sevile yang saat itu dikuasai oleh orang arab. Dan pada tahun 859 mereka menjarah kota Pisa. Tapi dalam perjalanan pulang mereka ke utara mereka diserang oleh armada Arab.

Pada tahun 911 raja Francia barat memberikan kota Roun dan wilayah sekitarnya kepada viking, karena perjanjiannya dengan pemimpin viking yang bernama Rollo. Sebagai imbalan setelah menumpas penjarahan lain di kota Seine. Kemudian wilayah perancis utara yang dikuasai viking itu sekarang dikenal sebagai Normandia atau tanah orang utara. Dan dikemudian hari keturunan Rollo yang bernama William akan menaklukan penguasa di inggris dan menjadi tanda berakhirnya era para viking.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Pada abad ke 9 orang skandinavia terutama Norwegia mulai menyentuh daerah Islandia sebuah pulau di atlantik utara di mana belum banyak orang menetap di sana. Pada akhir abad ke 10 beberapa viking termasuk Erik the Red pindah lebih jauh ke barat yaitu ke Greenland. Menurut sejarah Islandia beberapa viking yang pertama kali mendiami greenland mungkin telah menjadi orang eropa pertama yang telah menemukan dan menjelajahi daratan Amerika utara.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Dengan menyebut tempat pendaratan mereka sebagai Vinland atau Wine-Land. Lalu mereka mendirikan pemukiman sementara di tempat yang saat ini dikenal sebagai L’Anse aux Meadows di Newfoundland. Selain itu hanya ada sedikit bukti tentang kehadiran viking di dunia baru itu dan mereka juga tidak membangun pemukiman permanen di sana.

Tahukah kamu mengenai Bangsa Viking? Inilah penjelasan singkat mengenai bangsa tersebut

Pada pertengahan abad ke 10 saat raja denmark “Harald Bluetooth” berkuasa dimulailah zaman viking yang kedua. Saat itu penggrebekan besar-besaran dilakukan di wilayah pesisir eropa dan inggris kemudian putra Harald yang bernama Sweyn Forkbeard memulai invasi viking ke inggris yang dimulai pada tahun 991 lalu ia berhasil menaklukan seluruh kerajaan pada tahun 1113 masehi. Dan mengirim raja Ethelred ke pengasingan. Setelah kemenangan besarnya itu Sweyn meninggal di tahun berikutnya dan putranya yang bernama Knut atau Canute menggantikan ayahnya sebagai raja viking yang menguasai inggris, denmark, dan norwegia. Setelah kematian Knut kedua putranya menggantikannya tapi putranya itu meninggal pada tahun 1042 dan “Edward the Confessor” putra dari raja Ethelred kembali dari pengasingan lalu merebut kembali tahta inggris dari cengkeraman denmark. Pada tahun 1066 Edward pun meninggal tanpa ahli waris kemudian Harold Godwinson mengklaim tahta tersebut.

Pada masa pemerintahan Harold, pasukannya mampu menangkis invasi yang dipimpin oleh raja besar terakhir viking Harald Hardrada di Stamford Bridge dekat kota York tapi beberapa minggu kemudian pemerintahan Harold harus takluk di tangan William seorang Adipati Normandia. Selama berkuasa raja inggris William mempertahankan kerajaannya dari serangan denmark di kemudian hari. Dan peristiwa tahun 1066 di inggris ini menandai berakhirnya zaman viking. Dan saat zaman itu semua kerajaan di skandinavia sudah di kristenisasi dan budaya Viking yang tersisa diserap ke dalam budaya Kristen Eropa.

Nah itulah penjelasan dan sejarah bangsa viking. Bangsa yang terkenal sebagai penjajah dan penakluk lautan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *